PETUNJUK BAGI PENULIS JURNAL ILMIAH

  1. Naskah yang akan dimuat belum pernah di terbitkan dalam media cetak lain, diketik dengan satu setengah Spasi kecuali abstrak (satu spasi) pada kertas kuarto, panjang sebanyak maksimal 15 halaman, diserahkan paling lambat 1 bulan sebelum penerbitan dalam bentuk ketikan di atas kertas sebanyak 2 eksemplar dan disertai disket yang memuat artikel tersebut dengan menggunakan pengolahan kata MSWord.
  2. Artikel yang dimuat dalam jurnal ini meliputi tulisan tentang hasil penelitian gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tinjauan kepustakaan, resensi buku baru.
  3. Semua karangan ditulis dalam bentuk esai, disertai judul subbab (heading) masing-masing bagian, kecuali bagian pendahuluan yang disajikan tanpa judul subbab.
  4. Peringkat judul subbab dicetak tebal/bold, dan penulisannya bukan dengan angka; sbb. a) Peringkat 1 (huruf besar semua tegak, rata dengan tepi kiri), b) Peringkat 2 (huruf besar-kecil tegak, rata dengan tepi kiri), c) Peringkat 3 (huruf besar-kecil miring, rata dengan tepi kiri)
  5. Artikel konseptual harus disertai: (a) judul, (b) identitas pengarang tanpa gelar akademik, (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan (tanpa judul subbab), yang berisi latar belakang dan tujuan atau ruang lingkup tulisan, dan (f) daftar pustaka.
  6. Hasil penelitian disajikan dengan sistematika sebagai berikut: (a) judul, (b) nama penulis, tanpa gelar akademik, (c) abstrak, (d) kata kunci, (e) pendahuluan (tanpa judul subbab), berisi pembahasan kepustakaan dan tujuan penelitian, (f) metode, (g) hasil, (h) pembahasan, (i) kesimpulan serta saran, dan (j) daftar pustaka.
  7. Naskah diketik dengan memperhatikan aturan tentang penggunaan tanda baca dan ejaan yang dimuat dalam pedoman umum ejaan bahasa Indonesia yang disempurnakan (Depdikbud, 1987).