Analisis Pembelajaran Teori Behavioristik Siswa dalam Pembelajaran IPA berbasis Kontekstual dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to evaluate the impact of applying Behavioristic theory in the context of Natural Sciences (Science) learning in grade 4 elementary schools, with a focus on increasing the effectiveness of contextual-based learning. Data analysis involves the variables of student participation, understanding of science concepts, and level of enthusiasm for learning. The results showed that there were significant variations between the experimental group and the control group.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afifah, S. 2019. Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1).
Anggraeni, A. Y., Wardani, S., & Aidat Nurul Hidayah. 2020. Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Kimia Siswa Melalui Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbasis Kontekstual. Junal Inovasi Pendidikan Kimia, 14(1).
Anisa Septiana. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3).
Aziz, A. N., Rahmatullah, A. S., Makrufi, A. D., & Samsudin, M. 2022. Pembelajaran Online dalam Perspektif Teori Behavioristik. Jurnal Ideas, 8(4).
Chairini Fathonah, A. R. 2021. Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Kesiapa Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4).
Dasa Ismaimuza. 2023. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Sains Humanika, 63(2).
Hermansyah. 2020. Analisis Teori Behavioristik (Edward Thordinke) dan Implementasinya dalam Pembelajaran SD/MI. Jurnal Modeling: Program Studi PGMI, 7(1).
Hiddiyatul Islami. 2020. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pada Bidang Keahlian Bisnis Dan Manajemen Di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Literature Review. Jurnal Ecogen, 34.
I Kadek Dwi Candra Ardana Yasa. 2021. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech, 9(1).
I Putu Suardipa, I Ketut Widiara, N. M. I. 2021. Urgensi Soft skill dalam Perspektif Teori Behavioristik. Edukasi: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1).
Ida Fiteriani. 2015, Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1).
Ika Wanda Ratnasari. 2021. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2).
Miskawati. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1).
Muh. Hizbul Muflihin. 2019. Aplikasi Dan Implikasi Teori Behaviorisme Dalam Pembelajaran (Analisis Strategis Inovasi Pembelajaran). Khazanah Pendidikan, 1(2).
Ni Luh Gede Karang Widiastuti. 2020. Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Kontekstual Dengan Konsep Tri Hita Karana untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(3).
Nita, O. 2019. Hubungan Pembelajaran Mandiri Dengan Intensitas Penggunaan Ponsel Pintar Pada Siswa. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).
Reny Eka Nur Afrianti, A. Q. 2019. Pengembangan E-Modul Berbasis Kontekstual pada Materi Program Linear Kelas XI. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 7(1).
Ricardus Jundu. 2020. Pengembangan Video Pembelajaran Ipa Berbasis Kontekstual Di Manggarai Untuk Belajar Siswa Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Pendidikan IPA, 10(2).
Rifa Nur Fauziyah. 2021. Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2).
Shahbana, E. B., Farizqi, F. kautsar, & Satria, R. 2020. Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1).
Sugito. 2021. Pengenalan Ice Breaking dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 3(2).
Titin Faridatun Nisa’, Y. W. F. 2016. Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4795
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|