Teaching English for Students at the Economics Faculty of Universitas Muara Bungo: Problems and Solution
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan permasalahan yang dihadapi oleh dosen dalam mengajar Bahasa Inggris di Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo sekaligus memberikan solusi alternatif untuk menjawab permasalahan yang ditemukan. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian kualitatif yang menggunakan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan data. Instrumen penelitian melalui lembar observasi, pedoman wawancara, dan juga tape recorder. Ada tiga dosen bahasa Inggris ditandai dengan dosen A, B, dan C yang diamati dan diwawancarai mengenai kegiatan belajar mengajar yang sesuai. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa dosen bahasa Inggris di Fakultas Ekonomi Universitas Muara Bungo menghadapi permasalahan dalam kegiatan mengajar berkenaan dengan harapan yang tinggi kepada para siswa, perencanaan, metode dan strategi, pengelolaan dan mendisiplinkan siswa, mengalokasikan waktu pelajaran, menyelesaikan penilaian, dan menangani dengan pekerjaan rumah. Oleh karena itu, masalah harus dicegah dan diatasi dengan merujuk rekomendasi berikut: (1) Departemen seharusnya meningkatkan sistem pelatihan guru untuk implementasi kurikulum dan meningkatkan keterampilan dosen, (2) Anggota fakultas diharapkan untuk berkomunikasi dengan dosen dan untuk melakukan pemantauan yang berkaitan dengan masalah pengajaran, (3) Pekerjaan pendukung dan kerja sama di antara dosen dianjurkan, terutama melalui observasi kelas, (4) Para dosen diharapkan untuk meningkatkan kesadaran dan keterampilan mereka dalam mengajar dengan mengacu pada buku-buku sumber yang berhubungan dengan kegiatan belajar mengajar, (5) Mencegah masalah di kelas sangat membantu dengan menjaga lingkungan belajar yang efektif.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ary, D. at al (2002). Introduction for Research in Education (6th edition). Canada: Wadsworth group.
Cunningsworth, A. 1995. Choosing Your Course Books. Oxford: Macmillan.
Day, J. and Krzanowski, M. 2011. Teaching English for Specific Purposes: An Introduction. New York: Cambridge University Press.
Fehrenbacher, M.A. and Milner, J. (2004). The Effect of Individualized Oral Feedback on Perceived Classroom Engagement. Wake Forest University: Department of Education.
Gay, L. R. and Airasian, P. (2003). Educational Research: Competencies for Analysis and Applications. USA: Merrill Prentice Hall.
Good, D. and Brophy, J. E (2002). Looking in classrooms. The United State of America: HMC.
Hay Groups. (2000). Research into Teacher Effectiveness: A Model of Teacher Effectiveness. London: Department for Education and Employment.
Henson, K.T. and Eller, B.F. (1999). Educational Psychology for Effective Teaching. USA: Wadsworth Publishing Company.
Hutchinson, T. and Waters, A. 1987. English for specific purposes, a learning-centered approach. Cambridge: Cambridge University Press.
Nunan, D. (1993). Research Methods in Language Learning. United States of America: Cambridge University Press.
Nunan, D (1995). Language Teaching Methodology. New York: Phoenix, ELT.
Quina, J. (1989). Effective Secondary Teaching: Going Beyond the Bell Curve. USA: Harper & Row, Publisher, Inc.
Reni, K. 2010. “English for Specific Purpose di Universitas Jember: Tantangan dan Solusi”. Jurnal Pengembangan Pendidikan, I (1): 182 – 189.
Richards, J. C. and R. Schmidt, R. 2010. Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics. (4th Ed). Great Britain: Pearson.
Schickedanz, A., et al. (1983). Strategies for teaching young Children (second edition). New Jersey: Prentice-Hall.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v18i3.529
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|