Utilization of Concept Rich Instruction Based Kahoot Application to Improve Mathematical Critical Thinking Skills
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah e-modul berbasis Concept-Rich Instruction pada mata pelajaran persamaan garis lurus kelas VIII SMP untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Penelitian ini menggunkan model penelitian ADDIE yang terdiri atas 5 tahapan yakni Analisis, Desain, Pengembangan, Penerapan, Evaluasi. Instrumen kevalidan berupa angket validasi dari ahli materi dan ahli desain memperoleh nilai presentase validasi ahli sebesar 82,23% validasi desain sebesar 84% dalam kategori valid. Instrumen kepraktisan berupa angket praktikalitas guru dan siswa memperoleh nilai persentase berturut turut 98,88% dan 91,59% yang termasuk kategori sangat praktis. Instrumen keefektifan berupa pre-test dan post-test dengan memperoleh nilai rata rata n-gain sebesar 66,33% dengan tafsran kategori cukup efektif. Selanjutnya angket respon siswa memperoleh hasil 81,16% yang termasuk kategori sangat efektif. Berdasarkan analisis tersebut e-modul layak digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Branch, R. M. 2009. Instructional Design-The ADDIE Approach. New York:Springer.
Ben-Hur, Meir, 2006, Concept-Rich Mathematics Instruction: Building a Strong Foundation for Reasoning and Problem Solving, Association for Supervision and Curriculum Development
Ennis, R. 1991. Critical thinking: A streamlined conception. Teaching Philosophy, 14, 15-24.
Diana, Putri & Marethi, Indiana & Pamungkas, Aan. 2020. Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa: Ditinjau dari Kategori Kecemasan Matematik. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education). 4(1). 24
Haeruman, Leny & Rahayu, Wardani & Ambarwati, Lukita. 2017. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Dan Self-Confidence Ditinjau Dari Kemampuan Awal Matematis Siswa SMA di Bogor Timur. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10(2).
Heswari, Sonya & Patri, Sonya. 2021. Efektifitas Pengembangan E-Modul Matematika Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis. Jurnal Muara Pendidikan. 6(1). 1-8.
Kusmayanti, I., Purbayani, R., & Rahmat, A. S. 2017. Pengaruh Concept-Rich Instruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Indonesian Journal of Primary Education, 1(2), 77–82.
Larkin, Kevin & Calder, Nigel. 2015. Mathematics education and mobile technologies. Mathematics Education Research Journal. 28(1)
Pratama, Galang & Retnawati, Heri. 2018. Urgency of Higher Order Thinking Skills (HOTS) Content Analysis in Mathematics Textbook. Journal of Physics: Conference Series. 1097(1), 012147.
Ratnani, I., & Afifah, D. S. N. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Matematika Dengan Concept-Rich Instruction Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Vii Smpn 3 Bandung Tulungagung Pada Materi Aritmatika Sosial. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 2(2006).
Rismayanti, E., Kania, I., Trisnawati, E., 2022, Pengaruh Kompetensi Profesional Tenaga Pendidik Terahadap Peningkatan Mutu Pembelajaran Di Sekolah Menengah Pertama, Jurnal Pembangunan dan Kebijakan Publik, 12(2), 29-34
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5701
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|