Developing English Instructional Materials for the Eleventh Grader of TV Program and Broadcast Engineering Development at Vocational High School
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui target dan kebutuhan belajar siswa kelas sebelas dari Jurusan Teknik Program dan Penyiaran Televisi, 2) untuk mengembangkan bahan ajar Bahasa Inggris yang sesuai untuk siswa kelas sebelas dari Jurusan Teknik Program dan Penyiaran Televisi berdasarkan Kurikulum 2013. Ini adalah studi Penelitian dan Pengembangan (R&D). Siswa kelas sebelas dari Jurusan Program TV dan Teknik Penyiaran SMK Negeri 5 Muaro Jambi menjadi subjek penelitian. Data untuk evaluasi materi dan analisis kebutuhan dikumpulkan menggunakan kuesioner. Guru bahasa Inggris diwawancarai menggunakan panduan wawancara untuk melakukan analisis kebutuhan. Analisis kuantitatif dilakukan pada data kuantitatif yang diperoleh dari evaluasi materi dan analisis kebutuhan. Analisis kualitatif dilakukan pada data kualitatif dari wawancara. Kebutuhan target mencakup tujuan pembelajaran, kebutuhan, keinginan, dan kekurangan siswa. Posisi guru, proses pembelajaran, masukan pembelajaran, dan lingkungan semuanya merupakan bagian dari kebutuhan pembelajaran. Tiga unit bahan pendidikan dalam bahasa Inggris telah dibuat. Tiga komponen dalam desain setiap unit adalah pengantar, pelajaran utama, dan penguatan. Pelajaran utama unit ini menggunakan pembelajaran berbasis proyek, yang dimodifikasi oleh Stoller (2002). Penilaian ahli kemudian digunakan untuk menilai kesesuaian materi yang dibuat dalam hal bahasa, presentasi, tata letak, dan konten. Sumber daya tersebut dikategorikan dengan tepat berdasarkan temuan pendapat ahli karena mereka mencakup komponen pembelajaran dan tema yang relevan dengan program studi siswa. Skor rata-rata untuk ketiga unit yang dikembangkan adalah 3,94, masuk dalam rentang "sangat baik" 3,75 < x ≤ 4.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Beins, B.C. and McCarthy, M.A. 2012. Research Methods and Statistics. New Jersey: Pearson Education, Inc.
Borg, W. R. & Gall, M. D. 2003. Educational Research: An Introduction, 7th Ed. New York: Longman.
F. L. Stoller. 2002. Project Work: A Means to Promote Language and Content. In Richards, J. C. and W. A. Renandya (Ed.). Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. 107-119. Cambridge: Cambridge University Press.
Hutchinson, T. and Alan, W. 1987. English for Specific Purposes: A Learning Centered Approach. Cambridge: Cambridge University Press..
Jolly, D. & Bolitho, R. 1998. A Framework of Materials Writing. In Tomlinson, Brian (Ed.). Materials Development in Language Teaching. 90-115. Cambridge: Cambridge University Press.
Richards, J. C. & Schmidt, R. 2002. Longman Dictionary of Language Teaching and Applied Linguistics, 3rd Edition. Harlow: Pearson Education Limited.
Tessema, K. A. 2005. Stimulating Writing through Project-Based Tasks. English Teaching Forum, 43 (4), 22-28.
Thomas, J., A. Michaelson, and J. Mergendoller. 2002. Project-based Learning: A Handbook for Middle and High School Teachers. California: The Buck Institute for Education.
Tomlinson, Brian. 1998. Materials Development in Language Teaching. Cambridge: Cambridge University press.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.6053
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|