Analisis Strategi Kreatif Pembelajaran Teori Kognitif dalam Meningkatkan Semangat Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to overcome this problem by analyzing the positive impact of creative strategies based on cognitive theory on the enthusiasm for learning mathematics in grade 5 elementary school students. Through a quasi-experimental design with an experimental group and a control group, this research uses quantitative methods to collect and analyze data. The research results showed a significant increase in understanding of mathematical concepts and enthusiasm for learning in the experimental group who applied creative strategies. More interactive class dynamics and more active student participation also support the successful implementation of this strategy.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd. Mukhid. 2020. Self-Efficiacy (Perspektif Teori Kognitif Sosial dan Implikasinya terhadap Pendidikan). Tadris : Jurnal Pendidikan, 4(1).
Afifah, S. 2019. Pengaruh Kejenuhan Belajar Dan Interaksi Sosial Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Dengan Sistem Pesantren Modern. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1).
Al Halik. 2020. Analisis Keaktifan Siswa dalam Proses Pembelajaran Daring di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Bimbingan Konseling Islam.
Anisa Septiana. 2015. Hubungan Gaya Belajar dan Persepsi Siswa Tentang Metode Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(3)
Chairini Fathonah, A. R. 2021. Persepsi Siswa Tentang Kinerja Guru Dan Kesiapa Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 9(4).
Dasa Ismaimuza. 2023. Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Strategi Konflik Kognitif. Jurnal Sains Humanika, 63(2).
Dewi Sry Annisa. 2020. Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Semangat Belajar Siswa di SD Swasta Muhammadiyah 38 Sunggal. Jurnal Manajemen Pendidikan Dasar, 1(4).
Erlis Nurhayati. 2020. Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Quiziz pada Masa Pencegahan Penyebaran Covid-19. Jurnal Paedagogy, 7(3).
Herlin Novalia, S. H. N. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Pq4r Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kemandirian Belajar Siswa Sma. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 12(1).
I Kadek Dwi Candra Ardana Yasa. 2021. Meningkatkan Semangat Belajar Siswa Melalui Multimedia Interaktif Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Edutech, 9(1).
Ida Fiteriani. 2015. Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(1).
Ika Wanda Ratnasari. 2021. Hubungan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 5(2).
Ismayanti, Arsyad, M., & Marisda, D. H. 2020. Penerapan Strategi Refleksi Pada Akhir Pembelajaran Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik Pada Materi Fluida. Karst: Jurnal Pendidikan Fisika Dan Terapannya, 3(1)
Miskawati. 2019. Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Dalam Pembelajaran Seni Tari Melalui Strategi Belajar Sambil Bermain di TK Islam Sa’adatul Khidmah Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 9(1).
Nita, O. 2019. Hubungan Pembelajaran Mandiri Dengan Intensitas Penggunaan Ponsel Pintar Pada Siswa. Psikoborneo : Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(4).
Nurma Tambunan. 2016. Pengaruh Strategi Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3).
Rifa Nur Fauziyah. 2021. Strategi Guru dalam Menerapkan Pembelajaran Aktif Inovatif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAIKEM) pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN X Astanaanyar Kota Bandung. Jurnal Riset Pendidikan Agama Islam, 1(2)
Sugito. 2021. Pengenalan Ice Breaking dalam Meningkatkan Semangat Belajar Siswa. Jurnal Bahasa Indonesia Prima, 3(2).
Sutarto. 2017. Teori Kognitif dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 1(2).
Syudirman Saddam. 2021. Pendampingan dari Rumah untuk Meningkatkan Semangat Belajar. Journal of Character Education Society, 44.
Titin Faridatun Nisa’, Y. W. F. 2016. Strategi Pengembangan Kreativitas Pendidikan Anak Usia Dini dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 3(2).
Yuwono, I., & Mirnawati. 2021. Strategi Pembelajaran Kreatif dalam Pendidikan Inklusi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2015-2020
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4791
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|