Tantangan dalam Penerapan Teori Behavioristik Berbasis Etnomatematika dalam Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar
Abstract
This research aims to analyze the influence of the application of ethnomathematics-based behavioristic theory on interest in learning mathematics in grade 5 elementary school students. This research adopted an experimental research design involving 30 students as a representatively selected sample. Data was collected through observation and interviews to understand changes in students' learning interest before and after the intervention. Data analysis was carried out by combining descriptive and statistical approaches. The research results show that there has been a significant increase in interest in learning mathematics, with an average of 90, compared to only 70 previously. These findings support the effectiveness of ethnomathematics-based behavioristic theory in stimulating students' interest in learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abi, A.M. 2017, Integrasi etnomatematika dalam kurikulum matematika sekolah’, JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 1–6.
Amanda and Darwis, U. 2023, Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas IV SD Negeri 105358 Sekip Lubuk Pakam, JISMA: Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, dan Akuntansi, 2(4), 1141–1148.
Ashari, F., Hasyim, F. and Wobowo, H.A.C. 2019, Integrasi Kosmologi dalam Al-Qur’an untuk Pembelajaran Fisika, Seminar Nasional Pendidikan Fisika 2019: Integrasi Pendidikan, Sains, dan Teknologi dalam Mengembangkan Budaya Ilmiah di Era Revolusi Industri 4.0. 4(1), 71–76.
Asmah, A. 2022, Internalisasi Teori Humanistik dalam Implementasi Kurikulum Merdeka dan Merdeka Belajar pada Pendidikan Anak Usia Dini, in Seminar Nasional Pendidikan, 664–670.
Azhar, D., Suranata, K. and Dharsana, I.K. 2019, Efektivitas Model Konseling Behavioral Pavlov dengan Teknik Classical Conditioning untuk Meningkatkan Self Achievement, Jurnal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksh, 10(2), 58–64.
Bujuri, D.A. 2018, Analisis perkembangan kognitif anak usia dasar dan implikasinya dalam kegiatan belajar mengajar, Literasi (Jurnal Ilmu Pendidikan), 9(1), 37–50.
Damanhuri, D. and Juwandi, R. 2020, Studi Analisis Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Praktik Kewarganegaraan Digital Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Literasi Digital Warga Negara di Provinsi Banten, Untirta Civic Education Journal, 5(2).
Diputera, A.M., Damanik, S.H. and Wahyuni, V. 2022, Evaluasi kebijakan pendidikan karakter profil pelajar pancasila dalam kurikulum prototipe untuk pendidikan anak usia dini’, Jurnal Bunga Rampai Usia Emas, 8(1), 1–12.
Eka, R. 2014, Aktualisasi Diri Pada Anak Jalanan Berprestasi (Studi Kasus Anak Jalanan Berprestasi di Rumah Singgah dan Rumah Cantik Borneo Madani, Samarinda), Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(4).
Govorova, E., Benítez, I. and Muñiz, J. 2020, Predicting student well-being: Network analysis based on PISA 2018’, International Journal of Environmental Research and Public Health, 17(11), 4–14.
Halidi, H.M., Husain, S.N. and Saehana, S. 2015, Pengaruh media pembelajaran berbasis TIK terhadap motivasi dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Model Terpadu Madani Palu, Mitra Sains, 3(1), 53–60.
Hudiono, B. 2013, Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis TIK Menggunakan Slideshow Powerpoint by Using Audio Effect bagi Guru Matematika SMP Pedalaman Kubu Kalimantan Barat, Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 4(1).
Irawan, A. and Kencanawaty, G. 2017, Implementasi pembelajaran matematika realistik berbasis etnomatematika, Journal of Medives: Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 1(2), 74–81.
Ismail, R.N. and Mudjiran, N. 2019, Membangun karakter melalui Implementasi Teori Belajar behavioristik pembelajaran matematika berbasis kecakapan abad 21, Menara Ilmu, 13(11).
Jennah, R. 2009, Media Pembelajaran. 1st edn, Media Pembelajaran. 1st edn. Banjarmasin: Antasari Press.
Mardhiyah, R. H. et al. 2021, Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia, Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29–40.
Masgumelar, N. K. and Mustafa, P. S. 2021, Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pendidikan, GHAITSA: Islamic Education Journal, 2(1), 49–57.
Maydiantoro, A. 2022, Teori Belajar Behavioristik.
McComas, W.F., 2014, Trends in International Mathematics and Science Study (TIMSS), The Language of Science Education, 108–118.
Miranda, C.A. and Muhamad Uyun, 2023, Impact Academic Pressure and Academic Ability Against Academic Cheating, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(1).
Noor, T. 2018, Rumusan Tujuan Pendidikan Nasional Pasal 3 Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No 20 Tahun 2013 Melalui Pendekatan Nilai-Nilai yang Terkandung dalam Ayat 30 Surah Ar-Ruum dan Ayat 172 Surah Al-‘Araaf, Universitas Singaperbangsa Karawang, (20), 123–144.
Prabawati, M. N. 2016, Etnomatematika masyarakat pengrajin anyaman rajapolah kabupaten tasikmalaya’, Infinity Journal, 5(1), 25–31.
Pratiwi, J. W. and Pujiastuti, H. 2020, Eksplorasi etnomatematika pada permainan tradisional kelereng, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 1–12.
Qonitah Qurrotu’ain, 2019, Perbedaan Stres Akademik Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(3).
Saihu, S. and Mailana, A. 2019, Teori pendidikan behavioristik pembentukan karakter masyarakat muslim dalam tradisi Ngejot di Bali, Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 163–176.
Sälzer, C. and Roczen, N. 2018, Assessing global competence in PISA 2018: Challenges and approaches to capturing a complex construct, International journal of development education and global learning
Sarwoedi, S. et al. 2018, Efektifitas etnomatematika dalam meningkatkan kemampuan pemahaman matematika siswa, Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 171–176.
Siti Rokhimah, 2014, Pengaruh Dukungan Sosial dan Efikasi Diri Terhadap Minat Melanjutkan Pendidikan ke Perguruan Tinggi Pada Siswa SMA Negeri 1 Tenggarong Seberang, Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 2(3).
Suparya, I.K., I Wayan Suastra and Putu Arnyana, I.B. 2022, Rendahnya Literasi Sains: Faktor Penyebab Dan Alternatif Solusinya, Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 9(1), 153–166.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Wulandari, E. and Azka, R. 2018, Menyambut pisa 2018: pengembangan literasi matematika untuk mendukung kecakapan abad 21, De Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 31–38.
Yunita, A. R. 2023, Rivetalisasi Literasi sebagai Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan P5 dalam Merdeka Belajar, ARMADA: Jurnal Penelitian Multidisiplin, 1(10), 1289–1295..
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4805
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|