Implementasi Teori Belajar Humanistik terhadap Optimalisasi Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar

Dewa Gede Alit Widya Santika, Ni Ketut Suarni, I Gede Margunayasa

Abstract


This research aims to improve the optimization of natural science (science) learning outcomes for grade 6 elementary school students through the implementation of humanist learning theory.  This research uses qualitative and quantitative approaches to understand holistically. A quasi-experimental design was used with two groups of students as research subjects. The experimental group received intervention with a humanism learning model that focused on the application of humanism theory. Meanwhile, the control group followed conventional learning. Data collection involves pre-test, post-test. Data analysis includes T tests for quantitative data and thematic analysis for qualitative data. The research results show a significant increase in student learning outcomes who follow the humanism learning model, along with positive changes in students' perceptions and experiences of science learning.


Keywords


Elementary School, Humanism Theory, Learning Outcomes, Science Learning

Full Text:

PDF

References


Aisyah, H., Wiryanto, W., & Muhimmah, H. A. 2023. Konsep Merdeka Belajar dalam Perspektif Teori Belajar Humanistik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 1–8.

Anistiqomah, N. A., Suad, & Fathurohman, I. 2023. Pengaruh tingkat kecerdasan adversitas dan sikap belajar mandiri siswa terhadap prestasi belajar IPS siswa kelas 6 sekolah dasar di Kecamatan Nalumsari Kabupaten Jepara. 6(2), 319–325.

Aradea, R., & Harapan, E. 2019. Pengaruh Penerapan Teori Belajar Humanistik Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Kewirausahaan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 90.

Asiah, S., & Mintohari. 2017. Penerapan Metode Out Door Activity Dalam Pembelajaran IPA Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Negeri Surabaya, 2(3), 1–11.

Karina, R. M., Syafrina, A., & Habibah, S. 2017. Hubungan Antara Minat Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran IPA. Jurnal Ilmiah Pendiidkan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 61–77.

Maslukiyah, N., & Rumondor, P. 2020. Implementasi Konsep Belajar Humanistik pada Siswa dengan Tahap Operasional Formal di SMK Miftahul Khair. Psikologika: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 25(1), 97–110.

Maulida, S., Mansur, H., & Lambung Mangkurat, U. 2020. Pengembangan Media Video Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Journal of Instructional Technology J-INSTECH, 1(1), 20–28.

Nast, T. P. J., & Yarni, N. 2019. Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2(2), 270–275.

Prajoko, I., & Abrori, M. S. 2021. Penerapan Teori Humanistik Carl Rogers Dalam Pembelajaran PAI. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(1), 15–26.

Prasetyo, R., & Suciptaningsih, O. A. 2022. Penerapan Teori Belajar Humanistik Pada Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Global Education, 3(2), 233–237.

Priyayi, D. F., Nurani, D. E., & Hastuti, S. P. H. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Kognitif Pada Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Pabelan,. Seminar Nasional Pendidikan Sains II UKSW, 179–186.

Priyono, D. W., Priyadi, P., Nisa, A. F., & Yuniharto, B. S. 2023. Merdeka Belajar Penerapan Ajaran Ki Hajar Dewantara “Merdeka Belajar” Dalam Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Edukasi: Jurnal Penelitian Dan Artikel Pendidikan, 15(1), 123–138.

Qodri, A. 2017. Teori Belajar Humanistik Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa ABD. Jurnal Pedagogik, 4(2), 188–202.

Rohman, K. 2016. Optimalisasi Pendidikan Humanistik di Sekolah Dasar: Studi Multisitus di SD Insan Mulia Surabaya dan SDS Wahidiyah Tulungagung. Jurnal Dinamika Penelitian, 16(1).

Sholeh, KH., Sukirno, & Fakhrudin, M. 2017. Persepsi Terhadap Minat Belajar Siswa dan Komitmen Afektif Organisasi Guru SMK di Kabupaten Kebumen. Unimma Journal, 9(2), 47–57.

Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. 2020. Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363–1369.

Sugiyono, D. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan.

Sulaiman, S., & S, N. 2021. Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Humanistik Serta Implikasinya dalam Proses Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3), 220–234.

Sumantri, B. A., & Ahmad, N. 2019. Teori Belajar Humanistik dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Fondatia, 3(2), 1–18.

Tri Widianto, J., Triyanto, Febriana, A., Wijayanti, A., Litasari, N. A., Nabilah Almas Bazighoh, P., Adi Prasetio, R., Karina Damayanti, S., Nur’aini, V., Delfi Rafhael, V., & Salsabila Hikmah, Y. 2023. Implementasi Teori Humanistik Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Kegiatan Rumah Belajar di Kelurahan Panularan. Al-Khidmah : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 62–72.

Yuliandri, M. 2017. Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115.

Yuliya, Y. 2019. Hubungan Antara Dukungan Orangtua Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 250–256.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.4811

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.