The Story Pyramid Strategy's Effect on Students' Narrative Writing (Experimental Study of SMP N 3 Jambi at Eighth Grade Students)
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan Strategi Piramida Cerita Terhadap Kemampuan Menulis Teks Naratif Siswa Kelas VIII Semester Pertama di SMP N 3 Jambi Tahun Ajaran 2023/2024. Ada dua variabel dalam penelitian ini, yaitu variabel bebas adalah strategi piramida cerita (X) dan variabel terikat adalah hasil belajar menulis teks naratif (Y). Dalam penelitian ini, metodologi yang digunakan adalah desain kuasi-eksperimen dengan pre-test dan post-test. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas sembilan di SMP N 3 Jambi pada Tahun Ajaran 2023/2024. Sampel penelitian ini adalah dua kelas yang terdiri dari 23 siswa untuk kelas eksperimen dan 22 siswa untuk kelas kontrol. Dalam mengumpulkan data, instrumen yang digunakan adalah pre-test dan post-test. Setelah memberikan post-test, peneliti menganalisis data dengan menggunakan SPSS. Dari analisis data yang dihitung dengan menggunakan SPSS, diperoleh Sig = 0,021. Hal ini berarti Ha diterima karena Sig < 0,05. Jadi, terdapat Pengaruh Strategi Piramida Cerita terhadap Keterampilan Menulis Teks Naratif Siswa Kelas VIII Semester Pertama di SMP N 3 Jambi Tahun Ajaran 2023/2024.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ayu Agustiningsih, Aan Erlyana Fardhani, Eka Wahjuningsih, 2014, The Effect Of Using Story Pyramid Technique on Summary Writing Achievement of Narrative Text of the Eighth Grade Students at SMPN 4 Jember, Artikel Ilmiah Mahasiswa, 1-
Barbara Fine Clouse, 2008, The Student Writer: Editor and Critic, New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Cohen, J. 1998, Statistical Power Analysis for the Behavioural Sciences. Lawrence Erlbaum Associates, Hillsdale
David Nunan. 2003, Practical English Language Teaching. McGraw Hill Education
John W. Creswell, 2011, Educational Research: Planning, Conducting, and Evaluating, Quantitative and Qualitative Research, Boston: Pearson Education
Macon, Bowel and Vogt. 1991. Teaching comprehension.
Richards, J. C., & Renandya, W. A. 2002. Methodology in Language Teaching: An Anthology of Current Practice. Cambridge: Cambridge University Press.
Robert Keith Miller, 2006, Motives for Writing, 5th Edition, New York: McGraw-Hill Companies
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5252
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|