Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Membangun Nilai-nilai Karakter Mahasiswa Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Abstract
This research aims to show that character values are very necessary for preparing students to become teachers with good character. This research uses a literature study method with data collection techniques, researchers collect journals and other relevant sources related to the role of professional ethics for educators in student life. Educator professional ethics lectures in building the character values of teacher education and early childhood education students are very important, as prospective teachers must be able to become role models for the school and environment in the future.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abduh, Muhammad. 2023. Etika Propesi Guru Pendidikan Pada Anak Usia Dini Muhammad. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan 9(5): 354-361.
Fauzi, I. 2018. Etika profesi Keguruan. Jember: IAIN Jember Press.
Ferrell, O. C. 2013. Business Ethics: Ethical Decision Making and Cases, 9th Edition. South Western: Cengage Learning.
Indriawati, Prita, Tri Astuti Nuraini, Aura Shalsha Billa Eka Dava Yanti. 2023. Etika Profesi Guru dalam Pendidikan Sekolah Dasar. Jurnal Syntax Imperatif: Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(6), 414-421.
Iswari, Mega, Kasiyati, Kasiyati, Zulmiyetri, Zulmiyetri, & Ardisal, Ardisal. 2017. Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Artikel pada Guru-Guru Sekolah dasar di SD N 17 Limau Manis Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3)
Jannah, W. 2021. Menjadi Guru Profesional: Memahami Hakikat dan Kompetensi Guru. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Maya, R. 2017. Esensi Guru Dalam Visi-Misi Pendidikan Karakter.
Manu, Nirmala T.A., Meha, Meramba A. 2019. Integrasi Pendidikan Karakter Melalui Pendekatan Kontekstual Dalam Mata Kuliah Profesi Pendidikan Terhadap IQ dengan Mengendalikan EQ dan SQ Mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3)
Narwaya, G. 2015. Teknologi, kebudayaan, dan etika komunikasi : media online sebagai kasus. Modul Mata Kuliah Etika dan Filsafat Komunikasi, Universitas Mercu Buana Yogyakarta
Muharani, Ade et al. 2022. Implementasi Etika Profesi dalam Kehidupan Mahasiswa Pendidikan Matematika. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan
Octavia, Shilphy Afiattresna. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional.
Gibran Andika Pratama & Henry Aditia Rigianti. 2023. Peran Etika dan Profesi Kependidikan dalam Membangun Karakter Peserta Didik dan Mahasiwa Calon Guru SD. Jurnal Lensa Pendas, 8(2), 179–188.
Purwadhi. 2018. Peranan Etika Profesi Pendidik dalam Mewujudkan Karakter Bangsa. Jurnal Kajian Pendidikan, 144
Rosmi, Fitria, and Laily Nurmalia. 2021. Modul Etika & Profesi Kependidikan Berbasis Case Method.
Setiasih, Ocih, 2012, Pendekatan Proyek Untuk Anak Usia Dini, 1–12
Setiyaningsih, Dewi. 2020. Peran Etika Dan Profesi Kependidikan Dalam Membangun Nilai-Nilai Karakter Mahasiswa Calon Guru SD. Jurnal Holistik, 4(1), 27.
Subroto, Wisnu. 2016. Etika Dan Nilai-Nilai Profesi Kependidikan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(2), 1063–1066.
Sultoni, Sultoni, Imam Gunawan, Dika Novita Sari. 2018. Pengaruh Etika Profesional Terhadap Pembentukan Karakter Mahasiswa. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(3), 279–283.
Wandi, Zherly Nadia, and Nurhafizah Nurhafizah. 2019. Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini di Kecamatan Padang Timur Kota Padang. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran) 3(4), 33–41.
Wandi, Zherly Nadia, & Nurhafizah, Nurhafizah. 2019. Etika Profesi Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Golden Age: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5310
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|