Pengaruh Gaya Hidup, Media Sosial, Literasi Keuangan dan e-Money terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Pada Generasi Z di Kota Jambi)

Muhamad Agustian, Rike Setiawati, Moh Ihsan

Abstract


This study aims to examine the influence of lifestyle, social media, financial literacy, and e-money usage on consumptive behavior. The research adopts a quantitative approach with a probability sampling technique, specifically simple random sampling. A total of 100 respondents participated, with data collected through a digital questionnaire using Google Forms and a 4-point Likert scale. Data analysis was conducted using the Partial Least Square (PLS) method with the aid of Smart PLS 4 software. The findings reveal that lifestyle, social media, and e-money have a positive and significant impact on consumptive behavior, while financial literacy has a significant negative effect. 


Keywords


Consumptive Behavior, E-Money, Financial Literacy, Lifestyle, Social Media

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono, J., 2015. Partial Least Square (PLS): Alternatif Structural Equation Modeling (SEM) dalam Penelitian Bisnis, Yoyakarta: Andi.

Afifah, N., & Yudiantoro, D. 2022. Pengaruh Gaya Hidup dan Penggunaan Uang Elektronik terhadap Perilaku Konsumtif. YUME: Journal of Management, 5(2), 365-375.

Asmara, R. A. D., Amalia, L. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pengguna Instagram Jurusan Ilmu Al – Qur’an dan Tafsir Iain Ponorogo Tahun 2018, Skripsi, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo

Dewi, Luh & Herawati, Trisna & Adiputra, I Made, 2021. Penggunaan E-Money Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa yang Dimediasi Kontrol Diri. EKUITAS (Jurnal Ekonomi dan Keuangan), 5(1), 1–19.

Ambarsari, Marisyah & Asandimitra, Nadia. 2023. Pengaruh Financial Literacy, Lifestyle, Konformitas, Money Attitude, dan E-Money terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Z Penggemar Korean Wave di Kota SurabayaPengaruh financial literacy, lifestyle, konformitas, money attitude, dan e-Money terhadap perilaku konsumtif Generasi Z penggemar K-pop. Jurnal Ilmu Manajemen. 550-564.

BPS Kota Jambi, 2022, Penduduk menurut Kelompok Umur dan Jenis Kelamin Kota Jambi (Jiwa), 2020-2022

Dzakiyyah, Aisyah & Saptono, Ari & Pratama, Aditya. 2022. The Effect of Financial Literacy and Self-Control on The Consumptive Behavior of State Senior High School Students in East Jakarta. Transekonomika: Akuntansi, Bisnis dan Keuangan. 2(6). 71-82.

Fransisca, Charissa & Erdiansyah, Rezi. 2020. Media Sosial dan Perilaku Konsumtif. Prologia. 4(2). 435.

Farrudi, H., Hurbania, I., 2021, Pengaruh Media Sosial Instagram, Teman Sebaya, Status Sosial Ekonomi Orangtua, dan Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa Kelas X SMAN 1 Tanjungbumi. Skripsi, STKIP PGRI Bangkalan.

Ghozali, I. 2015. Partial Least Squares Konsep, Teknik dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0 Untuk Penelitian Empiris, 2nd ed. Badan Penerbit Universitas.

Haryani, Indah, and Jhon Herwanto. 2015, Hubungan Konformitas dan Kontrol Diri dengan Perilaku Konsumtif terhadap Produk Kosmetik pada Mahasiswi. Jurnal Psikologi UIN Sultan Syarif Kasim, 11(1), 5-11,

Hidayanti, F., Tubastuvi, N., Purwidianti, W., Endratno, H., 2023. The Influence of Financial Literacy, Lifestyle, Self-Control, and Peer Conformity on Student’s Consumptive Behavior. International Journal of Economics, Business and Accounting Research (IJEBAR), 7(1), 1-14

Imawati, Indah, 2013, Pengaruh Financial Literacy Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja pada Program IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2012/2013. Jupe: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 2(1), 48-58.

Indiani, D., & Lasmanah. 2022. Pengaruh literasi Keuangan dan Penggunaan E-Money OVO terhadap Perilaku Konsumtif dengan Gender sebagai Variabel Moderasi. Bandung Conference Series : Business and Management, 1355 – 1359

Insana, D. R. M., & Johan, R. S. 2020. Analisis Pengaruh Penggunan Uang Elektronik Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Indraprasta PGRI. Journal of Applied Business and Economics (JABE), 7(2), 209-224

Bhabha, J. I., , Khan, S., Qureshi, Q. A., Naeem, A., & Khan, I. 2014. Impact of Financial Literacy on Saving- Investment Behavior of Working Women in the Developing Countries. Research Journal of Finance and Accounting, 5(13, 118-122

Khairunnisa. 2014. Dampak Aplikasi Instagram Terhadap Perilaku Konsumtif Remaja dalam Berbelanja Online di Kalangan Siswa-Siswi SMA Negeri 2 Tenggarong. eJournal lmu Komunikasi, 2(4), 220–230.

Khrishananto, Riki & Adriansyah, Muhammad. 2021. Pengaruh Intensitas Penggunaan Media Sosial Instagram dan Konformitas Terhadap Perilaku Konsumtif di Kalangan Generasi Z. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. 9(2). 323-336

Kotler, P., & Keller, K. L. 2012. Marketing Management, 14th ed. Prentice Hall.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management, 15th ed. Prentice Hall.

Laksono, Dhimas & Iskandar, Donant. 2018. Pengaruh Gaya Hidup dan Pendapatan Terhadap Keputusan Pembelian Helm KBC. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) Fakultas Ekonomi UNIAT. 3(2). 145-154.

Lubis, L., Abdillah, Lubis, H. K., 2020, The Relationship of Self-Control and Conformity With Consumptive Behavior of Network Computer Engineering Students at SMK Negeri 2 Binjai. IJLRES - International Journal on Language, Research and Education Studies, 4(2), 209-222

Mayfield, A. 2008. What is Social Media? iCrossing.

Mengga, Grace & Batara, Mince & Rimpung, Evi. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan, E-Money, Gaya Hidup dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Prodi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia Toraja. Jurnal Riset Akuntansi. 1(1). 36-50.

Nasrullah, R. 2017. Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, 3rd ed. Simbiosa Rekatama Media.

Ningtyas, M. N. 2019. Literasi Keuangan pada Generasi Milenial. Jurnal Ilmiah Bisnis dan Ekonomi Asia, 13(1), 20–27.

Oktary, Dewi & Wardhani, Faradina. 2023. Pengaruh Literasi Keuangan dan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa STIE Indonesia Pontianak. Jurnal Ekonomi Integra. 13(1). 11.

Otoritas Jasa Keuangan. 2021. Literasi Keuangan.

Prihatini, D., & Irianto, A. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan dan Pengendalian Diri terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Ecogen, 4(1), 25–34.

Pahlevi, Reza, 2022, Penetrasi Internet di Kalangan Remaja Tertinggi di Indonesia, Databoks

Pusparani, A., & Krisnawati, A. 2019. Analisis Pengaruh Financial Literacy dan Financial Attitude Terhadap Financial Behavior Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Bandung. Jurnal Mitra Manajemen, 3(1), 72–83.

Rakhmah, D. N. 2021. Gen Z Dominan, Apa Maknanya bagi Pendidikan Kita? Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi.

Ramadani, L. 2016. Pengaruh Penggunaan Kartu Debit dan Uang Elektronik (E-Money) Terhadap Pengeluaran Konsumsi Mahasiswa. Jurnal Ekonomi Dan Ekonomi Studi Pembangunan, 8(1), 1–8.

Sari, L. N. E., & Anasrulloh, M. 2023. Pengaruh Media Sosial Instagram dan Teman Sebaya Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Pendidikan Ekonomi di Universitas Bhinneka PGRI. Jurnal Economina, 2(7), 1639–1652.

Satata, N. I., & Anwar, M. 2023. Pengaruh Media Sosial, Literasi Keuangan, dan Tren E-Commerce Selama Pandemi Covid 19 Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur). Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 254

Sudiro, P. I., & Asandimitra, N. 2022. Pengaruh Financial Literacy, Uang Elektronik, Demografi, Gaya Hidup, dan Kontrol Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Generasi Milenial. Jurnal Ilmu Manajemen, 10.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, 2nd ed. Alfabeta.

Sumartono. 2002. Terperangkap dalam Iklan (Meneropong Imbas Pesan Iklan Televisi). Alfabeta.

Sustiyo, J. 2020. Apakah literasi keuangan memengaruhi perilaku konsumsi generasi Z? Imanensi: Jurnal Ekonomi, Manajemen, dan Akuntansi Islam, 5(1), 25–34.

Trisuci, C. M., & Abidin, F. I. N. 2022. The Influence of the Use of Instagram Social Media, Lifestyle, Financial Attitude, and Ease of Digital Payment Facilities in Mobile Banking on Consumptive Behavior in Students During the Covid-19 Pandemic Through the Role of Financial Literacy as a Modera. Indonesian Journal of Law and Economics Review, 16.

Yahya, A. 2021. Determinan Perilaku Konsumtif Mahasiswa. Jurnal Pengembangan Wiraswasta, 23(1), 37.

Yunita, I., Lubis, F. A., Aslami, N., Manajemen, J., Ekonomi, F., & Bisnis, D. 2023. Pengaruh Media Sosial, Gaya Hidup Dan Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Kasus Mahasiswa FEBI UIN Sumatera Utara). Jurnal Ekonomika dan Bisnis (JEBS), 3(2), 332.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i1.5785

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.