Analisis Upaya Strategis dalam Memaksimalkan Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Desa
Abstract
E-Government is a new innovation in the implementation of public services in village government. The high number of internet users in Indonesia is the initial capital for implementing E-Government in maximizing public services in villages. The implementation of E-Government is also one of the steps to support good governance in Indonesia. The purpose of this study is to analyze how strategic steps can be taken to maximize E-Government-based public services in the village. The method used in this study is a qualitative research method using a literature review approach, in collecting data the authors collect data and information related to the implementation of E-Government in the village. Supporting data comes from research journal articles, supporting books, and online news. The results showed that in maximizing the implementation of E-Government-based public services, strategic steps must be taken, namely firstly improving the quality of the village apparatus, secondly conducting socialization to the community about the application of E-Government and thirdly conducting evaluations as a form of supervision in the implementation of village E-Government.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Craswell, J. W. 2018. Reserach Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Darmawan, Agus. 2019. Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat Bagi Remaja Karang Taruna. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id
Erwanti, M.O201. 2020, Kominfo: 12 Ribu Desa di Indonesia Belum Bisa Manfaatkan Internet. Diakses dari https://news.detik.com
Ferdinan, 2022, Mendes PDTT: Kolaborasi Kampus dan Desa Percepat Pembangunan Desa diakses dari https://voi.id
Humas, Biro., 2022, Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Pak Uu: Fokus Hasil Nyata. Diakses dari https://jabarprov.go.id
Kamaliah, Aisyah. 2021, Masih Banyak yang Awam Internet di Pelosok RI, Ini Solusinya. Diakses dari https://inet.detik.com
Kansong, Usman, 2022, Komunikasi Publik KPCPEN Efektif Ubah Perilaku Masyarakat. Diakses dari http://indonesia.go.id
Leonard, H. Mukhlis Hannan, Abdul Khalik. 2020. Mengupayakan Pengingkatan Kualitas Aparat Desa Dalam Pengelolaan Administrasi Pemerintah Di Desa Malimbong Kecamatan Sesenapadang Kabupaten Mamasa. Journal Peqguruang: Conference Series. diakses dari https://journal.lppm-unasman.ac.id
Lumbanraja, A.D. 2020. Urgensi Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrarive Law & Governance Journal, 3(2), 220-231.
Mufidah, I.A. 2021. Evaluasi Prosedur Pelayanan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Warga: Studi Kasus Pemerintah Desa Janti, Tulangan Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Muttaqin, Agus. 2022, Data Ombudsman RI Jatim, Kemenkumham Jatim Zero Pengaduan diakses dari http://kominfo.jatimprov.go.id
Nirmala. A, Sahi. 2018. Peningkatan Kualitas Perangkat Desa Guna Pemantapan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ilotidea Kabupaten Gorontalo. Journal of Public Administration Studies: Gorontalo. Diakses dari https://jurnal.unigo.ac.id
Nugraha, J.T. 2018. E-Government dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(1), 32-42.
Nurcahyani, Asi. 2021, Media Sosial dan Partisipasi Masyarakat dalam Kebijakan Pemerintah. Diakses dari https://kumparan.com
Pamungkas, C. 2015. Global Village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis. Surabaya. Universitas Airlangga
Pers, Siaran, 2021, Terbaik Penerapan SPBE, Menteri Johnny: Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Publik diakses dari https://www.kominfo.go.id
Post, Sindikat. 2022, Kominfo Tingkatkan Program Sosialisasi Penurunan Stunting. Diakses dari http://www.sindikatpost.com
Prabandari, Ayu Isti. 2021, 5 Fungsi Handphone dalam Kehidupan Sehari-hari, Media Komunikasi hingga Penyimpanan. Diakses dari https://merdeka.com
Purwanto, 2022, Capacity Building Pemdes Gedongarum Menuju Profesionalisme Aparatur Desa diakses dari https://kabarpasti.com
Ratnajuwita, Ursy. 2022, Sosialisasi Pendidikan Politik diakses dari https://www.kompasiana.com
Septiani, Maya. 2020, E-Government Sebagai Strategi dalam Meminimalisi Penyebaran Covid-19 dan Efektvitas Pelayanan Publik. Diakses dari https://ombudsman.go.id
Surry, Khalis. 2021, Kominfo Percepat Bangun Akses Internet di Seluruh Desa. Diakses dari https://antaranews.com
The Economist. 2011, Social media in Indonesia: Eat, pray, tweet. Social networking sites have taken off in Indonesia. Who will profit? Diakses Dari https://www.economist.com
Wahyudin, Uud. 2017. Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common. Diakses dari http://sojs.unikom.ac.id
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2143
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|