Analisis Upaya Strategis dalam Memaksimalkan Penerapan Pelayanan Publik Berbasis E-Government di Desa

Zakly Hanafi Ahmad, Mukhammad Akhmad Najich Alfayn, Akhdiva Elfi Istiqoh

Abstract


E-Government is a new innovation in the implementation of public services in village government. The high number of internet users in Indonesia is the initial capital for implementing E-Government in maximizing public services in villages. The implementation of E-Government is also one of the steps to support good governance in Indonesia. The purpose of this study is to analyze how strategic steps can be taken to maximize E-Government-based public services in the village. The method used in this study is a qualitative research method using a literature review approach, in collecting data the authors collect data and information related to the implementation of E-Government in the village. Supporting data comes from research journal articles, supporting books, and online news. The results showed that in maximizing the implementation of E-Government-based public services, strategic steps must be taken, namely firstly improving the quality of the village apparatus, secondly conducting socialization to the community about the application of E-Government and thirdly conducting evaluations as a form of supervision in the implementation of village E-Government.


Keywords


E-Government; Village; Public Service

Full Text:

PDF

References


Craswell, J. W. 2018. Reserach Design Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Darmawan, Agus. 2019. Sosialisasi Penggunaan Internet Sehat Bagi Remaja Karang Taruna. Jurnal PKM: Pengabdian Kepada Masyarakat. Diakses dari https://journal.lppmunindra.ac.id

Erwanti, M.O201. 2020, Kominfo: 12 Ribu Desa di Indonesia Belum Bisa Manfaatkan Internet. Diakses dari https://news.detik.com

Ferdinan, 2022, Mendes PDTT: Kolaborasi Kampus dan Desa Percepat Pembangunan Desa diakses dari https://voi.id

Humas, Biro., 2022, Pimpin Rapat Evaluasi Kinerja Perangkat Daerah, Pak Uu: Fokus Hasil Nyata. Diakses dari https://jabarprov.go.id

Kamaliah, Aisyah. 2021, Masih Banyak yang Awam Internet di Pelosok RI, Ini Solusinya. Diakses dari https://inet.detik.com

Kansong, Usman, 2022, Komunikasi Publik KPCPEN Efektif Ubah Perilaku Masyarakat. Diakses dari http://indonesia.go.id

Leonard, H. Mukhlis Hannan, Abdul Khalik. 2020. Mengupayakan Pengingkatan Kualitas Aparat Desa Dalam Pengelolaan Administrasi Pemerintah Di Desa Malimbong Kecamatan Sesenapadang Kabupaten Mamasa. Journal Peqguruang: Conference Series. diakses dari https://journal.lppm-unasman.ac.id

Lumbanraja, A.D. 2020. Urgensi Transformasi Pelayanan Publik Melalui E-Government pada New Normal dan Reformasi Regulasi Birokrasi. Administrarive Law & Governance Journal, 3(2), 220-231.

Mufidah, I.A. 2021. Evaluasi Prosedur Pelayanan Desa Untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan Warga: Studi Kasus Pemerintah Desa Janti, Tulangan Sidoarjo. Undergraduate Thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Muttaqin, Agus. 2022, Data Ombudsman RI Jatim, Kemenkumham Jatim Zero Pengaduan diakses dari http://kominfo.jatimprov.go.id

Nirmala. A, Sahi. 2018. Peningkatan Kualitas Perangkat Desa Guna Pemantapan Pelaksanaan Pembangunan di Desa Ilotidea Kabupaten Gorontalo. Journal of Public Administration Studies: Gorontalo. Diakses dari https://jurnal.unigo.ac.id

Nugraha, J.T. 2018. E-Government dan Pelayanan Publik (Studi Tentang Elemen Sukses Pengembangan E-Government di Pemerintah Kabupaten Sleman). Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, 2(1), 32-42.

Nurcahyani, Asi. 2021, Media Sosial dan Partisipasi Masyarakat dalam Kebijakan Pemerintah. Diakses dari https://kumparan.com

Pamungkas, C. 2015. Global Village dan Globalisasi dalam Konteks ke-Indonesiaan. Jurnal Global & Strategis. Surabaya. Universitas Airlangga

Pers, Siaran, 2021, Terbaik Penerapan SPBE, Menteri Johnny: Terus Tingkatkan Kualitas Layanan Publik diakses dari https://www.kominfo.go.id

Post, Sindikat. 2022, Kominfo Tingkatkan Program Sosialisasi Penurunan Stunting. Diakses dari http://www.sindikatpost.com

Prabandari, Ayu Isti. 2021, 5 Fungsi Handphone dalam Kehidupan Sehari-hari, Media Komunikasi hingga Penyimpanan. Diakses dari https://merdeka.com

Purwanto, 2022, Capacity Building Pemdes Gedongarum Menuju Profesionalisme Aparatur Desa diakses dari https://kabarpasti.com

Ratnajuwita, Ursy. 2022, Sosialisasi Pendidikan Politik diakses dari https://www.kompasiana.com

Septiani, Maya. 2020, E-Government Sebagai Strategi dalam Meminimalisi Penyebaran Covid-19 dan Efektvitas Pelayanan Publik. Diakses dari https://ombudsman.go.id

Surry, Khalis. 2021, Kominfo Percepat Bangun Akses Internet di Seluruh Desa. Diakses dari https://antaranews.com

The Economist. 2011, Social media in Indonesia: Eat, pray, tweet. Social networking sites have taken off in Indonesia. Who will profit? Diakses Dari https://www.economist.com

Wahyudin, Uud. 2017. Strategi Komunikasi Lingkungan Dalam Kepedulian Masyarakat Terhadap Lingkungan. Jurnal Common. Diakses dari http://sojs.unikom.ac.id




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2143

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.