IMPROVING STUDENTS’ READING COMPREHENSION THROUGH CONTEXTUAL GUESSING TECHNIQUE (A CLASSROOM ACTION RESEARCH AT SEMESTER TWO OF STUDENTS OF BATANGHARI UNIVERSITY IN ACADEMIC YEAR 2013/2014)

Farida Hariyani, Khidayatul Munawwaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan Contextual Guessing Technique untuk meningkatkan pemahaman membaca mahasiswa. Masalah pada penelitian ini adalah ‘Bagaimana Contextual Guessing Technique meningkatkan kemampuan membaca pada mahasiswa semester empat Universitas Batanghari-Jambi tahun ajaran 2013/2014?’. Subjek dari penelitian ini adalah mahasiswa semester II/A yang terdiri dari 30 orang mahasiswa. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang diadakan dalam tiga siklus. Data pada penelitian ini diperoleh dari tes, observasi, dan dokumentasi. Persentase nilai rata-rata siswa tes awal adalah 49.2% dan pada tes akhir adalah 72%. Peningkatan nilai rata-rata siswa dari tes awal ke tes akhir adalah 22.8%. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa Contextual Guessing Technique dapat meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa semester dua di Universitas Batanghari-Jambi tahun ajaran 2013/2014.

Kata kunci : reading comprehension, contextual guessing technique

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v14i4.217

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.