Kualitas Pelayanan Pembuatan Akta Lahir di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Batam

Sahar Bin Bahari, Karol Teovani Lodan

Abstract


The purpose of this study is to describe and analyze the quality of service for making birth certificates at the Batam City Population and Civil Registry Office. This research is a qualitative research with a descriptive approach. The reliability indicator, the birth certificate service at the Batam City Population and Civil Registry Office has been provided in accordance with all the information obtained by the community at the beginning. Tangibles indicators, some infrastructure facilities at the Batam City Population and Civil Registration Office are still not sufficient. Responsiveness indicator, Batam City Population and Civil Registry Office has had a good speed in providing birth certificate making services. Assurance indicator, Batam City Population and Civil Registry Office already has employees with good behavior in providing birth certificate making services. As an indicator of empathy, the Batam City Population and Civil Registry Office has tried to find out what the aspirations and expectations of the community are regarding services for making birth certificates.


Keywords


Quality of Service; Birth Certificate; Disdukcapil

Full Text:

PDF

References


Buku

Hardiyansyah. (2018). Kualitas Pelayanan Publik: Konsep, dimensi, Indikator dan Implementasinya (Edisi Revisi). Gava Media.

Mulyawan, R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik. UNPAD Press.

Mursyidah, L., & Ilmi Usrotin, C. (2020). Manajemen Pelayanan Publik. UMSIDA Press.

Nurdin, I. (2019). Kualitas Pelayanan Publik (Perilaku Aparatur dan Komunikasi Birokrasi dalam Pelayanan Publik). Media Sahabat Cendekia.

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A. P., Supriadi, M. N., Sari, M. H. N., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Samsu. (2017). Metode Penelitian: (Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, serta Research & Development). Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Sedarmayanti. (2017). Reformasi Administrasi Publik, Reformasi Birokrasi, dan Kepemimpinan Masa Depan (Mewujudkan Pelayanan Prima dan Kepemerintahan yang Baik). Refika Aditama.

Sinambela, L. P., Rochadi, S., Ghazali, R., Muksin, A., Setiabudi, D., Bima, D., & Syaifudin. (2016). Reformasi Pelayanan Publik (Teori, Kebijakan, dan Implementasi). Bumi Aksara.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Taufiqurokhman, & Satispi, E. (2018). Teori dan Perkembangan Manajemen Pelayanan Publik. UMJ Press.

Zaenal, M., & Laksana, M. W. (2016). Membangun Kinerja Pelayanan Publik Menuju Clean Government and Good Governance. Pustaka Setia.

Jurnal

Abdussamad, J. (2019). Kualitas Pelayanan Publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gorontalo. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Administrasi dan Pelayanan Publik, 6(2), 73–82.

Aminah, S., Agustang, A., Idkhan, A. M., & Rifdan. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Pangkajene. Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 1482–1486.

Isbandono, P., & Pawestri, D. A. (2019). Analisis Kualitas Pelayanan Pada Perpustakaan di Badan Pusat Statistik Kota Surabaya. Journal of Public Sector Innovations, 4(1), 48–54.

Mandacan, A., & Merina, B. (2021). Analisis Kualitas Pelayanan Publik di Satlantas Polres Sleman. Jurnal Enersia Publika, 5(2), 419–427.

Mustaghfiri, M. H., & Susiloadi, P. (2021). Kualitas Pelayanan Penerbitan Izin Mendirikan Bangunan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kota Surakarta. Jurnal Wacana Publik, 1(1), 99–107.

Tude, N. E. S., Pioh, N. R., & Waworundeng, W. (2020). Kualitas Pelayanan Publik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Halmahera Utara. Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, 4(4), 1–10.

Utara, R., Muhammad, A. S., & Okparizan. (2022). Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Bakung Serumpun Kabupaten Lingga. Student Online Journal, 3(615–622).

Situs Web

Lumbantobing, B. (2021). KESAL Urus Dokumen Kependudukan, Warga: Tiap Hari Antrean Habis Suruh Datang Lagi Besok, Gitu Terus! TribunBatam.id. https://batam.tribunnews.com/2021/08/26/kesal-urus-dokumen-kependudukan-warga-tiap-hari-antrean-habis-suruh-datang-lagi-besok-gitu-terus

Lumbantobing, B. (2022). Warga Datangi Disdukcapil Batam Sejak Pagi, Paling Banyak Urus Akta Lahir. TribunBatam.id. https://batam.tribunnews.com/2022/01/19/warga-datangi-disdukcapil-batam-sejak-pagi-paling-banyak-urus-akta-lahir

Peraturan Perundang-Undangan

Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 10 Tahun 2012 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah.

Peraturan Wali Kota Batam Nomor 17 Tahun 2022 tentang Tugas Pokok, Fungsi, dan Uraian Tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Peraturan Wali Kota Batam Nomor 78 Tahun 2021 tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja Dinas Daerah,

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.