Pengaruh Perilaku Konsumen dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli pada PT. Mulia Cipta Abadi Medan

Rocky Louis Linardi, Thomas Sumarsan Goh, Wily Julitawaty, Syawaluddin Syawaluddin

Abstract


Consumer behaviour is dynamic, it involves the interaction between affect and cognition, behaviour and events arount it, and involves exchange. Service quality is the totally of features and characteristics of a product or service that depend on its ability to satisfy stated or implied needs. Purchase interest one of the indicators used by company to measure the success or failure of a product / service that is marketed in the community. The research sample used the saturated sample method, so that the entire population was used as the research sample. This research used Likert scale. The results showed that partially each consumer behavior and service quality had a significant positive effect on buying interest. Simultaneously variable of consumer behavior and service quality has a significant positive effect on buying interest.


Keywords


consumer behavior; service quality; purchase interest.

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Djaali. 2020. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriani, Nufian S dan Wayan Weda Asmara Dewi. 2018. Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Firmansyah, Farid dan Rudy Haryanto. 2019. Manajemen Kualitas Jasa: Peningkatan Keputusandan Loyalitas Pelanggan. Pamekasan: Dua Media Publishing.

Firmansyah, M. Anang. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: Deepublish.

Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian: Penelitian Kualitatif, Tindakan Kelas & Studi Kasus. Sukabumi: Jejak.

Jamaluddin, A. M. Irfan Taufan Asfar, Muh.Ilham Ridwan, Yushar Armansyah, Syamsidar, dan Suci Fitriani Jumadi. 2020. Pembuatan Pupuk Organik Guano Kelelawar. Sukabumi: Jejak Publisher.

Marlena, Eka. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen Menggunakan Jasa Transportasi Kereta Api Dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Priyanti, Yuli, Febsri Susanti, dan Nazaruddin Aziz. 2017. Minat Beli Konsumen Toko Sepatu Bata di Pasar Raya Padang dilihat dari Sikap dan Iklan. Jurnal Pundi, 1(2). Padang: STIE KBP.

Rossanty, Yossie, Muhammad Dharma Tuah Putra Nasution dan Firman Ario. 2018. Consumer Behaviour in Era Millennial. Jakarta: Lembaga Penelitian dan Penulisan Ilmiah Aqli.

Rahayu, Rovi Tri. 2018. Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Produk Kosmetik Online pada Mahasiswa Jurusan Perbankan Syariah Febi Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Skripsi. Ponorogo:Institut Agama Islam Negeri Ponorogo.

Rahmawati, Aisyah. 2020. Sikap dan Persepsi Konsumen terhadap Minat Menggunakan Kereta Api Jarak Jauh pada Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Manajemen Bisnis Transportasi dan Logistik,.6(3). Jakarta: Institut Transportasi dan Logistik Trisakti.

Raswendo. 2018. Pengaruh Kualitas Pelayanan terhadap Minat Pembelian Ulang pada Rumah Makan Puti Minang Raja Basa Bandar Lampung dalam Perspektif Ekonomi Islam. Skripsi. Lampung: Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.

Setiadi, Nugroho. 2019. Perilaku Konsumen: Prospektif Komtemporer pada Motif, Tujuan dan Keinginan Konsumen. Jakarta: Kencana.

Sumarwan, Ujang dan Fandy Tjiptono. 2018. Strategi Pemasaran dalam Perspektif Perilaku Konsumen. Bogor: IPB Press.

Syahputro, Eko Nur. 2020. Melejitkan Pemasaran UMKM Melalui Sosial Media. Gresik: Caremedia Communication.

Tjiptono, Fandy. dan Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esensi dan Aplikasi. Yogyakarta: Andi.

Windasuri, Heria., dan Hyacintha Susanti. 2016. Exellent Service: The Secrets of Building a Service Organization. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v22i3.2665

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.