Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Brand Image ditinjau dari Komunikasi Pemasaran

Robby Hardyansyah, Inggrid selviana, Radhitya Budiputranto

Abstract


This research aims to describe each influence of the marketing mix starting from public relations advertising, personal selling, public relations and direct marketing on a company's brand image. This research uses literature review techniques with a descriptive qualitative approach. Search for literature using the Google search engine and Google Scholar with the keywords "marketing communications", "brand image awareness", "factors influencing brand image awareness", "brand image and marketing communications". The literature sought is journals, books, conference proceedings, and so on to be analyzed critically and explain what is found in each piece of literature. The research results show that the factor that influences brand image is implementing marketing communication strategies. A marketing communications strategy can create marketing information that provides value according to a comprehensive company plan. The factors that influence a good marketing strategy are marketing communication, where marketing communication is not only about promotion, but there are important elements or communication mix, namely advertising, sales promotion, personal selling, public relations and direct marketing. These five elements can influence the brand image of a company so that the company can increase sales of a product.


Keywords


communication mix, brand image, marketing communications

Full Text:

PDF

References


Andhini, S. 2021. Pengaruh Marketing Public Relations Terhadap Brand Image Female Daily Network. Universitas Mercubuana Jakarta.

Apriliani, H. dan P. 2021. Strategi Komunikasi Pemasaran Scoop dan Skoop dalam Memabangun Brand Image. Jurnal Indonesia Sosial Teknologi, 2(1), 6.

Ascarya. 2021. 5 Langkah Literature Review, Tips dan Trik. PT. Ascarya Solution Allianz Webpage.

Astut, Y. T. S. 2019. Pengaruh strategi periklanan dan sales promotion terhadap keputusan pembelian produk smartphone oppo dengan brand image sebagai variabel moderasi. Seminar Inovasi Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi I, 11337–11350.

Basit, A., & Rahmawati, T. H. 2018. Cyber Public Relations (E-PR) dalam Brand Image Wardah Kosmetik dengan Pedekatan Mixed Method. Nyimak (Journal of Communication), 1(2), 197–208.

Budianto, Y. P., & Budiatmo, A. 2019. Pengaruh Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 9(1), 220–229.

Darmastuti, R. 2007. Etika PR dan E-PR. Gava Media.

Daud, R. F., & Khairunnisa, K. 2020. Peran Marketing Public Relations (MPR) Dalam Membangun Brand Image Warunk Upnormal Di bandung. Komunikasiana: Journal of Communication Studies, 2(2), 110.

Febriani, M. 2014. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image pada Media Sosial Twitter. JOM Fisip, 1(2).

Gusfa, H., & Yanti, N. F. 2022. Pengaruh Brand Ambassador Dan Iklan Terhadap Brand Image Clear Dan Sikap Millenial. Jurnal Manajemen Komunikasi, 6(2), 263–280.

Haekal, F. 2021. Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Pengelolaan Keuangan UMKM di Kota Palopo. Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Palopo

Hanafiah, A., & Kasmo, A. B. P. 2016. Pengaruh Promosi Terhadap Brand Image pada Pengambilan Keputusan Menjadi Mahasiswa Universitas Mercu Buana. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2, 571–585.

Kotler, P., 2000. Marketing Management. Millenium Edition, Prentice Hall.

Kotler, P. & Armstrong, G., 2014. Principles of Marketing. Pearson.

McCombes, S. 2019. How to Write a Literature Review. Scribbr.

Mulyana, M. 2012. Pengaruh Direct Selling Terhadap Brand Image (Studi kasus Pada PT. Bank Tabungan Negara Capem Cimanggu Bogor). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi, 1-10

Mulitawati, I. M., & Retnasary, M. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Image Melalui Sosial Media Instagram (Studi kasus deskriptif komunikasi pemasaran prodak polycrol forte melalui akun instagram @ahlinyaobatmaag). Komunikologi: Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi Dan Sosial, 4(1), 23.

Pramezwary, A., Juliana, J., Winata, J., Tanesha, R., & Armando, T. 2021. Brand Trust dan Promosi Penjualan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Di Masa Covid-19. Jurnal Perspektif, 19(1), 24–31.

Prasetyo, M. A. A. 2020. Pengaruh Public Relations terhadap Brand Image dan Dampaknya terhadap Loyalitas Konsumen: Kasus pada Aston Braga Hotel & Residence Bandung. Jurnal Sekretaris & Administrasi Bisnis (JSAB), 4(2), 169.

Putra, C. 2015. Pengaruh Personal Selling Agen Penjualan Terhadap Brand Image Mobil Toyota Etios (Kasus Bisnis Penjualan Mobil PT Agung Automall Pekanbaru). JOM Fisip, 2(2), 1–12.

Putri, B. R. T. 2017. Manajemen Pemasaran. Denpasar: Universitas Udayana.

Saladin, D. 2016. Analisis Pengaruh Inovasi Produk dan Sales Promotion Terhadap Keputusan Pembelian di Sandy Jaya Furniture Jepara. Jurnal Studi Manajemen Bisnis.

Sari, B. A., Nurendah, Y., & Yusdira, A. 2022. Tinjauan Atas Direct Marketing Pada Kafe Taman Fathan Alesano Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis Kesatuan, 1(2), 197–202.

Setiadi, N. J. 2003. Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran. Prenada Media.

Situmorang, I., Jushermi, J., & Marhadi, M. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Iklan terhadap Citra Merek dan Keputusan Pembelian Produk Kecantikan Merek Pond’s pada Remaja di Kota Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Riau, 4(1), 72–86.

Susanto, S., & Sari, A. 2020. Strategi Komunikasi Pemasaran Jam Tangan Matoa Dalam Meningkatkan Brand Awareness. SOURCE : Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(1), 108.

Tanoni, R. V. 2012. Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Konsumen Melalui Citra MereK dan Sikap pada Minuman Isotonic Mizone di Surabaya. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 1(2), 1–7.

Titis Wijaya, R. 2020. Pengaruh Komunikasi Pemasaran Terpadu (Integrated Marketing Communication) Terhadap Citra Merek (Brand Image) pada PT. Telkomsel. Skripsi, STIE Mandiri Bandung

Wijaya, F. N., Saragi, S., & Aritonang, M. 2022. Analisis Strategi Personal Selling Mitra 1001 Serta Pengaruhnya Terhadap Brand Awareness dan Brand Image Aromatic 1001. JRB-Jurnal Riset Bisnis, 5(2), 143–153.

Windy Talitha Iswari. 2020. Pengaruh Strategi Marketing Communication Terhadap Brand Image Pt Tokopedia. Translitera : Jurnal Kajian Komunikasi dan Studi Media, 9(2), 24–34.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.3359

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.