Strategi Pengembangan Agrowisata Ladang Anggrek di Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur
Abstract
Agro-tourism is an alternative to sustainable tourism that utilizes agricultural business (agro) as a tourist object, in an effort to develop agro-tourism, the right strategy is needed. This study aims to analyze visitor perceptions and provide development strategies for agro-tourism. The sampling technique was purposive sampling with the criteria and consideration that the party knows the process of developing agro-tourism, as well as other supporting information, the respondents in this study were 96 people. Data analysis was carried out by collecting and compiling data in the form of tabulations. The results of the analysis are then interpreted in a descriptive qualitative manner. The development of agro-tourism is carried out using the SWOT analysis method. Alternative strategies given are increasing HR capabilities, adding facilities and infrastructure that can support the concept of edutourism and involving the government in promoting agro-orchid tourism.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdulhaji, S., & Yusuf, I. S. 2016. Pengaruh Atraksi, Aksesibilitas dan Fasilitas Terhadap Citra Objek Wisata Danau Tolire Besar di Kota Ternate. Jurnal Penelitian Humano, 2(7), 134-148.
Ananda, I. dan Dirgahayu, T. 2021. Pemanfaatan Teknologi Informasi pada Desa Wisata di Indonesia : A systematic Literature Review. Jurnal Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(4), 2291-2302.
Ayuningtyas, L. S., & Hari, S. N. 2019. Pengaruh E-word Of Mouth, Lokasi, Dan Daya Tarik Wisata Terhadap Kepuasan Pengunjung dengan Keputusan Berkunjung Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Pantai Menganti Kebumen). Administrasi Bisnis, 10(1), 652-664.
David, Fred R. 2011. Strategic Management: Consepts and Cases. Edition 13th Pearson Education.
Gusful, A., & Prasetyo, B. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Wisatawan Dalam Berkunjung di Taman Rekreasi Kalianget Wonosobo. Jurnal Ilmiah Ekonomi Manajemen dan Akuntansi, 10(1), 1- 24.
Iswidyamarsha, C., & Dewantara, Y. F. 2020. Pengaruh Fasilitas Wisata dan Promosi Terhadap Minat Berkunjung di Dunia Air Tawar dan Dunia Serangga TMII. Sadar Wisata: Jurnal Pariwisata, 3(2), 72-80.
Jayaprakash, K., & Mythili, B. 2017. Tousrist Satisfaction Level on Destination Facilities in The Nilgiris. EPRA International Journal of Economic and Business Review, 5(9), 122-126.
Lebu, C. F. ., Mandey, S. L., & Wenas, R. S. 2019. Pengaruh Lokasi, Persepsi Harga dan Daya Tarik Wisata Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan di Objek Wisata Danau Linow. Jurnal EMBA, 7(4), 5505–5513. https://doi.org/10.35794/emba.v7i4.26329.
Mulyati, Y., & Masruri. 2019. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan Berkunjung Wisatawan Domestik Ditinjau dari Perspektif Daya Tarik Destinasi Wisata Kota Bukittinggi. MENARA Ilmu, 13(1), 190–205.
Palit IG, Talumingan C, Rumagit GAJ. 2017. Strategi Pengembangan Kawasan Agrowisata Rurukan. J Agri-SosioEkonomi Unsrat. 13(2), 21–34.
Pradipta, M. P. Y. 2018. Pengembangan Wisata Alternatif Sebagai Strategi dalam Pengembangan Agrowisata di Desa Tretes Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Jurnal Pariwisata Indonesia, 14(1), 80–93.
Prasetyo, D., Darmawan, A & Dewi, B.S. 2019. Persepsi Wisatawan dan Individu Kunci tentang Pengelolaan Ekowisata di Lampung Mangrove Center. Jurnal Sylva Lestari. 7(1), 22–29.
Pratama, F. A., & Supriyono, S. 2021. Analisis strategi pemasaran wahana rekreasi agro wisata Tirto Arum Baru Kendal ditengah pandemi covid-19 tahun 2020. Journal of Physical Activity and Sports (JPAS), 2(2), 230–242. https://doi.org/10.53869/jpas.v2i2.93.
Purwanti, P., Susilo, E., dan Indrayani, E. 2017. Pengelolaan hutan mangrove berkelanjutan : Pendekatan kelembagaan dan insentif ekonomi. Universitas Brawijaya Press (UB Press). Malang.
Rangkuti, F. 2009. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Riyanti, N. K. I., Kusuma, I. G. A. N. E. T., & Rihayana. 2020, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, dan Promosi Terhadap Niat Berkunjung Kembali di Villa Rendezvous Bali. Widya Amerta Jurnal Manajemen Fak. Ekonomi, 7(1), 84-99.
Salim, M. A., dan Siswanto, A. B. 2019. Analisis SWOT dengan Metode Kuesioner. Pilar Nusantara. Semarang.
Santoso, I., & Nadapdap, H. J. 2019. Jurnal Hubungan Fasilitas Kualitas Pelayanan Harga dan Tempat terhadap Kepuasan Pengunjung Agrowisata di PT Perkebunan Tambi Kab Wonosobo. Jurnal Sosial Ekonomi Pertanian (JSEP), 15(2), 135–143.
Sarim., & Wiyana, T. 2017. Pengaruh Fasilitas Wisatawan Terhadap Motivasi Kunjungan Wisatawan (Studi Kasus Kunjungan Wisatawan Kota Solo). Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 3(2), 342-249.
Sondakh, P. M., & Tumbel, A. 2016. Pelayanan Keamanan dan Daya Tarik Mempengaruhi Minat Wisatawan yang Berkunjung Ke Objek Wisata Alam Gunung Mahawu, Tumohon. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(1), 280-288.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta, CV.
Sutisno, A.N. dan Afendi, A.H. 2018. Penerapan Konsep Edu-Ekowisata Sebagai Media Pendidikan Karakter Berbasis Lingkungan. Ecolab, 12(1), 1-52.
Utama, I. G. B. R. 2017. Pemasaran Pariwisata. Penerbit ANDI.
Wijaya, I. P. E., Suhaeni, Nur’azkiya, L. 2020. Strategi Pengembangan Kelembagaan Usaha Kecil Menengah : Studi kasus UKM NR. Jurnal Agrimanex, 1(1), 65-71.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.3882
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|