Analisis HOTS (High Order Thinking Skills) pada Soal Penilaian Akhir Semester (PAS) pada Siswa Kelas Rendah SDN Jatimurni V Kota Bekasi
Abstract
Creative thinking is a high-level ability of students in mathematics. The purpose of this study is to find out more about the End of Semester Assessment (PAS) questions there are questions that refer to HOTS, analyze the assessment of students' understanding in low grades in solving HOTS-based problems, and analyze the influence of students in solving HOTS questions on low grade students, by analyzing HOTS questions on the End of Odd Semester Assessment of low grade students, namely in grade 3. This research uses Descriptive Qualitative methods. The results of the study From a total of 128 thematic questions, while the HOTS questions on the PAS were 31 questions. With a percentage of 24.2%, so that 91 questions are Low Order Thinking Skill (LOTS) based questions. While the analysis of the results of grade III students in solving High Order Thinking Skill (HOTS) questions on odd Semester Final Assessment (PAS), namely with a percentage of 59.1%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aningsih, A. 2018. Kemampuan berpikir tingkat tinggi pada pendidikan agama islam siswa kelas X Smk Muhammadiyah 1 Purwokerto ditinjau dari prestasi belajar. 5–24.
Badjeber, R., & Purwaningrum, J. P. 2018. Pengembangan Higher Order Thinking Skills dalam Pembelajaran Matematika di SMP. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 36–43.
Dewi, D.T. 2020. Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 12(1)
Dinni, H. N. 2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan Kemampuan Literasi Matematika. Prisma, 1, 170–176.
Dwijayanti, Nora. 2021. Pembelajaran Berbasis HOTSsebagai Bekal Generasi Abad 21 di Masa Pandemi. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 9(1)
Fanny Mahya, A. 2020. Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar/Madrasah. Kajian Perbatasan Antarnegara, 3(156), 96–105.
Hafidhoh, N. & Rifa’i, M.R. 2021. Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 dI MI Noor.
Handayani, N.H.L. 2020. Taksonomi Bloom – Revisi Ranah Kognitif (Kerangka Landasan Untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Penilaian). Jurnal Stahnmpukuturan.
Himawan, R & Suyata,P. 2023. Analisis Sebaran Level Kognitif Hots Berdasarkan Taksonomi Bloom Pada Soal Penilaian Harian Materi Teks Pidato Persuasif Di Smpn 1 Bambanglipuro Bantul. Stilistika: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra. 16(1), 89-100
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Pengembangan portofolio sebagai penilaian hasil belajar di SMA. Jakarta : Direktorat SMA – Kemendikbud. https://pustaka-sma.kemdikbud.go.id:4353/index.php?p=show_detail&id=129
Kurnianingsih dkk, 2020. Peningkatkan Higher Order Thinking Skills (Hots) Dan Kerjasama Antar Peserta Didikmelaluimodel Pembelajaran Problem Based Learning(PBL) Dengan media Kokamidi Kelas IV SD Negeri 2 Dukuhwaluh. Attadib Journal Of Elementary Education, 4 1)
Khotimah, K., Mulawarman, U., Order, H., Skill, T., & Dasar, S. 2019. Pengembangan Evaluasi Pembelajaran berbasis Higher Order Thinking Skill di Sekolah Dasar.
Mendel, T. 2019. Social help. c, 383–387. https://doi.org/10.1145/3341162.3349311
Mustafa, P. S., Islam, U., Mataram, N., & Masgumelar, N. K. 2022. Kajian Review : Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap, Pengetahuan, dan Keterampilan dalam Pendidikan Jasmani dan Olahraga.
Nafiati, D. A. 2021. Revisi taksonomi Bloom : Kognitif, afektif, dan psikomotorik. 21(2), 151–172.
Pasandaran & Kartika. 2019. Higher Order Thinking Skill (HOTS) : Pembelajaran Matematika Kontemporer. Pedagogy, 4(1)
Putri, Maylita. 2022, Modeling: Jurnal Program Studi PGMI 9, 3, 558-563. Accessed June 26, 2023. https://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/1033.
Retnoasih, Nevy. 2018. Implementasi Pembelajaran HOTS (Higher Order Thinking Skill) IPA Menggunakan Alat Sederhana. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. JPPMS, 2(2)
Rosita, L. 2018. Peran Pendidikan Berbasis Karakter Dalam Pencapaian Tujuan Pembelajaran di Sekolah. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 8(1)
Rurisfiani, A., Ramly, R., & Sultan, S. 2019. Level Berpikir Pertanyaan Guru pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Keilmuan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 1(2), 111–119.
Sari, Yuli Asta. 2020. Strategi Guru Dalam Menyusun Soal Penilaian.
Saraswati & Agustika. 2020. Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Menyelesaikan Soal HOTS Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 4(2), 257-269
Setyaningsih. 2022. Pendidikan Karakter Melalui Implementasi Keterpaduan Pembelajaran. Widya Aksara : Jurnal Agama Hindu, 27(1), 17-29.
Suriani, N. K., Santyasa, I. W., & Parwati, N. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1), 25–29.
Tianingsih, R., Citra Nagari, D., Wahyudi, A., Alma Ata Devia Citra Nagari, U., Alma Ata Andi Wahyudi, U., & Alma Ata, U. 2022. Analisis Soal HOTS Pada Naskah Soal TKM (Tes Kendali Mutu) Kelas 3 Sekolah Dasar di Kabupaten Sleman. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 3.
Qodir &Abdul. 2018. Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran AMul, Yogyakata: Penerbit K-Media
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4174
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|