Pengaruh Media Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Membaca Nyaring Siswa Kelas 2 Sekolah Dasar Islam Al-Fajri Kota Bekasi Tahun Ajaran 2022/2023

Andien Dwi Ryzka, Nani Solihati

Abstract


The research was conducted because it was suspected that there was an effect of picture storybooks on the ability to read aloud of students of Al-Fajri Islamic Elementary School, Bekasi City in the academic year 2022/2023. Quantitative research method One Group Pretest-Posttest Desig and Purposive Sampling technique chosen for the sample. Posttes minimum 71, maximum 92, average 81.68 very good category. While the standard deviation value is 5.47 which is still smaller than the average value (mean) of 81.68. This shows that the Posttest data deviation is good. The result is that storybooks with pictures show improvement in reading ability.


Keywords


Picture storybook media, reading aloud

Full Text:

PDF

References


Ayumi Yalda Alfi, Haryadi, dkk. 2021. Kajian dan Rekontruksi Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar Dalam Menulis Teks Narasi. Jurnal Sastra, 10(2). 66

Dewi Tara Diah. 2022. Pengembangan Media Cerita Bergambar Tentang Penjajahan Belanda untuk Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1). 582

Ekayani Ni Luh, Kadek Aria Prima Dewi PF, dkk. 2021. Pemanfaatan Cerita Bergambar Dalam Menumbuhkan Minat Baca Siswa Di SD Negeri 4 Kubu Bangli. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2). 200

Harianja J.K, dkk, 2022. Tipe-Tipe Model Pembelajaran Kooperatif. Bogor, Yayasan Kita Menulis

Monawati, M., & Fauzi, F. 2018. Hubungan Kreativitas Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pesona Dasar, 6(2).

Priani, I., Manuaba, I. B. S., Fo, M., & Darsana, I. W. 2019. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Gugus III Kuta Utara Tahun Pelajaran 2017/2018. Mimbar PGSD Undiksha, 7(1).

Purnomo, Fazrul Sandi. 2022. Teori Belajar Bruner Dan Keterampilan Membaca Pemahaman. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 46-50

Priyantini, Destik Diyah. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Mata Pelajaran Bahasa IndonesiaSiswa Kelas III MI Ma’arf Cekok Babadan Ponorogo Tahun Ajaran 2020/2021.

Ratnasari, Eka Mei, dkk. 2019. Pengaruh Penggunaan Buku Cerita Bergambar Terhadap Kemampuan Berbicara Anak. Jurnal Guruan dan Kebudayaan, 9(3), 270.

Selian, W.A., 2019. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita Bergambar terhadap Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Taman Kanak-kanak Mayang Pekanbaru, Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabeta

Wijaya, P. A., Sutarto, J., & Zulaeha, I. 2021. Strategi Know-Want To Know-Learned Dan Strategi Direct Reading Thinking Activity Dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. CV. Harian Jateng Network.

Wulandari, F. 2018. Pengaruh Penggunaan Media Buku Cerita terhadap Kemampuan Membaca Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV SD Negeri Pajjaiang Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.