Employee Organisational Communication Analysis at PT. Proxi Jaringan Nusantara Batam Region

Melanie Syailendra, Dindin Dimyati

Abstract


Komunikasi organisasi adalah subkategori pengembangan interpersonal yang mencakup komunikasi verbal dan nonverbal mengenai pengiriman pesan melalui jaringan tautan atau organisasi. Akibatnya, komunikasi korporat sangat penting dalam menentukan jumlah pertumbuhan organisasi atau korporasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi organisasi karyawan di PT Proxi Jaringan Nusantara Region Batam bekerja. Penelitian ini menggunakan teori komunikasi organisasi dan teori efektivitas komunikasi. Metode penelitian deskriptif kualitatif yang digunakan meliputi pendekatan pengumpulan data sekunder yang dilengkapi dengan prosedur observasi dan wawancara. Berdasarkan temuan, komunikasi organisasi karyawan di PT Proxi Jaringan Nusantara Region Batam memiliki struktur yang egaliter. Pemimpin perusahaan, manajemen, dan karyawan dapat secara efektif melakukan komunikasi lintas struktur tanpa batas feodalistik, yang berperan penting dalam bentuk upaya penyampaian ide dan gagasan melalui komunikasi langsung atau komunikasi tidak langsung melalui media sosial, yang berdampak positif pada kelangsungan operasional dan kemajuan perusahaan. Komunikasi organisasi karyawan di PT Proxi Jaringan Nusantara Wilayah Batam dipengaruhi oleh faktor internal seperti wilayah, latar belakang pendidikan, budaya, dan lain-lain, serta faktor eksternal seperti lingkungan kerja, siklus pertemanan, penguasaan media sosial, dan lain-lain. Kondisi ini berdampak struktural pada komunikasi organisasi, baik secara vertikal (komunikasi antar strata atau peran) maupun horizontal (komunikasi antar orang dalam posisi pekerjaan yang sama). PT Proxi Jaringan Nusantara Region Batam, dampak dan pencapaian komunikasi organisasi karyawan adalah tercapainya komunikasi yang efektif, yang ditandai dengan loyalitas karyawan dan perusahaan yang berkembang baik dari segi cakupan operasional, keuntungan perusahaan, maupun turnover perusahaan yang telah melampaui target yang telah ditetapkan.


Keywords


hambatan; komunikasi organisasi; PT Proxi Jaringan Nusantara; struktur egalitarian

Full Text:

PDF

References


Andriani, Dewi., 2021, Simak 3 Strategi Komunikasi Perusahaan pada Era Pandemi, diakses melalui https://bisnisindonesia.id/article/simak-3-strategi-komunikasi-perusahaan-pada-era-pandemi

Bungin, M. B. 2021. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Prenada Media Group

Hadijaya, Y. 2020. Budaya Organisasi. Medan: CV. Pusdikra Mitra Jaya.

Indrianto, J. B. 2021. Pentingnya Komunikasi Efektif di dalam suatu Organisasi. diakses melalui https://www.djkn.kemenkeu.go.id/kpknl-pangkalanbun/baca-artikel/13852/Pentingnya-Komunikasi-Efektif-di-dalam-Suatu-Organisasi.html

Morissan, M. 2020. Komunikasi Organisasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Lozano, Jonathan. 2020. The role of corporate communication in intelligent organizations. Cuadernos de Administración. 35(65)

Proxinet, 2023, Profile Perusahaan. diakses melalui https://www.proxinet.co.id/profile/




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.4365

Refbacks



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.