Faktor yang mempengaruhi Keputusan dalam Membeli Rumah Ditinjau dari Perspektif Konsumen

Endang Prihatiningsih, Andi Mursalim, Simunawir Sitoro, Muhammad Nasir, Ratna Duwi Novita Lestari

Abstract


Home as a place to live is one of the basic human needs along with eating and drinking. Therefore, individuals need different options and considerations when deciding to own their home as a long-term residence. The purpose of this work is to analyze the effect of price perception and location on the apartment purchase decisions of consumers in Tama City 4 Sangatta apartment. The research used a quantitative approach. 70 respondents who bought a house in Tama City 4 Sangatta apartment under study. The results of the analysis show that price perception affects the decision to buy an apartment in Tama City 4 Sangatta apartment. Location influences the decision to buy an apartment in Tama City 4 Sangatta Apartment. Price perception and location significantly influence the decision to buy an apartment in Tama City 4 Sangatta apartment.


Keywords


price perception, location, buying decision

Full Text:

PDF

References


Ahyani. 2022. Pengaruh lokasi dan harga terhadap keputusan pembelian rumah pada PT. Rizky Adri Perkasa. Scientific Journal Of Reflection: Economic, Accounting, Management and Business, 5(3), 716–723.

Ali, M. M., & Suciana, A. 2019. The influencee of location, price and service quality on a house purchase decision. International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM), 4(8), 51–60.

Ali, M. T. R., & Khuzaini. 2019. Pengaruh harga, kualitas produk, lokasi, dan fasilitas terhadap keputusan Pembelian rumah. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(9), 1–20.

Firmansyah, M. A. 2018. Perilaku konsumen (Sikap dan pemasaran). Deepublish.

Imalia, I., Aprileny, I., & Emarawati, J. A. 2021. Pengaruh harga, fasilitas dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi kasus pembelian rumah di grand nusa indah blok J, Cileungsi pada PT. Kentanix Supra Internasional). Ikraith-Ekonomika, 4(3), 1–18.

Iskandar, D., & Nurdyastuti, T. 2019. Analisis pengaruh keputusan membeli rumah tinggal (Studi empiris masyarakat kota Surakarta). ProBank: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan, 4(1), 37–44.

Kaharuddin, Nasir, M., & Riski, Meita. S. 2022. Faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan konsumen dalam membeli rumah (studi kasus di perumahan tama city 4 sangatta). Jurnal Akuntansi Manajemen Madani , 8(2), 21–30.

Kotler, P., & Armstrong, G. 2015. Principles of marketing global edition edition: 16th.

Mahardini, I., & Woyanti, N. 2012. Analisis pengaruh harga, pendapatan, lokasi, dan fasilitas terhadap permintaan rumah sederhana (Studi kasus perumahan puri dinar mas Semarang). Diponegoro Journal of Economic, 1(1), 1–11.

Mimi, S. A., & Daniaty, F. 2017. Pengaruh harga, pelayanan, lokasi, dan keragaman produk terhadap keputusan pembelian pada hypermart puri indah di Jakarta Barat. Jurnal Ekonomi, 22(1), 124–131.

Paludi, S., & Juwita, R. 2021. Pengaruh persepsi harga, lokasi, dan kualitas produksi terhadap keputusan pembelian. Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi, 18(1), 41–53.

Pereira, L., Supriyono, B., & Makmur, M. 2015. Perencanaan pembangunan permukiman sebagai uapaya peningkatan kelayakan hidup bermasyarakat. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 4(2), 221–230.

Rachmawati, D., Shukri, S., Azam, S. M. F., & Khatibi, A. 2019. Factors influencing customers’ purchase decision of residential property in Selangor, Malaysia. Management Science Letters, 9(2019), 1341–1348.

Rahman, A. 2022. Pengaruh harga dan lokasi terhadap keputusan pembelian rumah subsidi. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Bisnis, 6(2), 329–339.

Sari, D. Y., Tjahjaningsih, E., & Hayuningtias, K. A. 2018. Pengaruh kualitas produk, persepsi harga, promosi dan lokasi terhadap proses keputusan pembelian kapur barus merek bagus (Studi pada konsumen giant bsb Semarang). Prosiding SENDI_U 2018, 677–683.

Schiffman, L. G., & Wisenblit, J. 2019. Consumer behavior (Twelfth edition). Pearson.

Styaningrum, A., & Niati, A. 2019. Pengaruh citra merek, promosi, persepsi harga, dan lokasi terhadap keputusan pembelian (Studi pada rumah brownies maylisa). Buletin Bisnis & Manajemen, 5(2), 136–147.

Sugiyono. 2017. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R & D. Alfabeta.

Suryawardana, E., & Yani, T. E. 2017. Analisis faktor-faktor pertimbangan konsumen terhadap keputusan pembelian produk hunian di kecamatan Tembalang kota Semarang. Jurnal Dinamika Sosial Budaya, 19(1), 22–34.

Tjiptono, F. 2015. Strategi pemasaran, Edisi Keempat. Andi.

Widiastuti, E., & Handayani, S. 2013. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian rumah bersubsidi dengan menggunakan analisis regresi. Prosiding Seminar Nasional Statistika Universitas Diponegoro, 111–121.

Wulandari, S. T., & Trianasari, N. 2020. Faktor-faktor yang menentukan keputusan konsumen dalam pembelian dan pemilihan tipe rumah di perumahan cherry field kota Bandung. E-Proceeding of Management, 7(1), 193–206.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v23i3.4407

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.