Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Mahasiswa Kependidikan dan Nonkependidikan Peserta Program Kampus Mengajar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Annisa, F., Annisa, R. N., Yunita, T., Rafifah, T., Vichaully, Y., 2023. Peran Mata Kuliah Micro teaching dalam Mengembangkan Keterampilan Guru Mengajar di Kelas. Journal on Education, 5(2), 1564-1569.
Baharuddin, M. R., 2021. Adaptasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Fokus: Model MBKM Program Studi). Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 4(1), 195–205
Bastian, 2019. Analisis Keterampilan Dasar Mengajar Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Pajar (Pendidikan dan Pengajaran). 3(6), 1357-1365
Burke, W. W., 2007. Organization Change: Theory and Practice, 2nd edition, Sage Publications Inc
Creswell, J. W., 1998. Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing among Five Tradition. London: Sage Publications
Farihanto, M. N., 2015, Sosialisasi Budaya Organisasi di Pondok Pesantren Muhammadiyah: Studi Kasus Sosialisasi Budaya Organisasi di Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah, Channel, 3(2), 75-87
Gibbs, R., & Poskitt, J., 2010. Student Engagement n The Middle Years of Schooling (year 7- 10): A literature review. Report to the Ministry of Education. Ministry of Education, New Zealand:
Hastuti, K., Susanti, H., Erfando, T., 2022. Evaluasi Kebijakan Program MBKM dalam Meningkatkan Capaian Pembelajaran Lulusan Perguruan Tinggi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7445-7454.
Helmiati, 2013, Micro Teaching: Melatih Ketrampulan Dasar Mengajar, Aswaja Pressindo
Jupriyanto, Nuridin, 2019. Pengaruh Keterampilan Mengajar Guru terhadap Aktivitas Belajar Siswa SD Negeri 04 Loning. JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia). 4(1). 14-18
Kemendikbud RI, 2021. Panduan Program Kampus Mengajar
Kariman, T. M., 2002. Strategi Pembelajaran Abad 21. Hotel Indonesia
Maslow, A. H., 1943, A Theory of Human Motivation. Psychological Review, 50, 370-396.
Madjid, A., 2019, Kompetensi Profesional Guru : Keterampilan Dasar Mengajar, Journal Peqguruang: Conference Series, 1(2), 1-8
Nurcahya, A., Hadijah, H. S., 2020. Pemberian Penguatan (Reinforcement) dan Kreatifitas Mengajar Guru sebagai Determinan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 5(1), 83-96.
Prasandha, D., Utomo, A. P. Y., 2022, Evaluasi keterampilan dasar mengajar mahasiswa dalam program kampus mengajar angkatan 1 tahun 2021, Jurnal Sastra Indonesia, 11(1), 48-55
Rahmi, 2018, Penerapan Metode Mimicry Memorization dalam Pembelajaran Mufrodat Bahasa Arab Pada Siswa Kelas VIII MTs Darul Arqam Muhammadiyah Gombara Makassar, Skripsi, Universitas Muhammadiyah Makasar
Rohima, Wardhani, S., Sumah, A. S. W., 2021, Analisis Keterampilan Mengajar Guru IPA pada Masa Pandemi di SMP Islam Terpadu Se-Kota Palembang, BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 136-144
Rubin, A., Babbie, E. R., 2010. Essential Research Methods for Social Work, 2nd ed. Belmont, CA: Cengage Learning.
Shoffa, S., 2017, Keterampilan dalam Mengajar (Microteaching), Mavendra Pers
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sutrisno, 2020. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Melalui Pembelajaran Online dengan Google Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 5(1), 95-106
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Uno, H. B., 2009. Profesi Kependidikan (Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia. PT. Bumi Aksara.
Wiranda, D., Maulia, S. T., 2023. Pentingnya Keterampilan Guru dalam Membuka Kelas Untuk Membentuk Keaktifan siswa Siswa Dalam Proses Belajar Mengajar. Jurnal Manajemen, Ekonomi, Hukum, Kewirausahaan, Kesehatan, Pendidikan dan Informatika (MANEKIN), 1(4: Juni), 132-135.
Willms, J., 2003. Student Engagement at School: A Sense of Belonging and Participation: Results from PISA 2000.
Widianto, E., Anisnai’l, H. A., Sasami, A. N., Rizkia, E. F., Dewi, F. K., Cahyani, S. A. I., 2021. Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i3.5063
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|



