Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pendapatan Penjualan Udang di Pasar Parit 1 Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Abstract
This research aims to determine the factors that influence traders' income when selling shrimp at Parit 1 Kuala Tungkal Market. This research uses a qualitative approach. Primary data was obtained from questionnaires distributed to respondents. Secondary data was obtained from data contained in Pasar Parit 1 Kuala Tungkal. Data analysis in this research uses the SWOT analysis method. The results of the research show that the internal and external factors from the resulting SWOT analysis show that shrimp sales show quadrant I, which means that the shrimp business in the Kuala Tungkal 1 trench market is very strong and has the opportunity to get maximum income, in other words the shrimp business can build the trader's economy in the long term . long. The dominant factor that influences traders' income in selling shrimp at Parit 1 Kuala Tungkal Market is a lot of capital to start a business with working hours for trading activities of 13 hours, two in the morning and in the afternoon. Apart from that, the longer it takes to run a business, the longer the business is run, the more regular customers there will be and lastly, the business location is strategic and easy to reach by both pedestrians and two-wheeled vehicles.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achoita, Ana, & Widodo, L. 2022. Pendampingan Pemberdayaan UMKM Berbahan Dasar Rebon di Desa Mentoso Kec. Jenu Kab. Tuban. Strategi: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 3(2), 18–32.
Andriono, Antok, & Mulyanti, D. 2023. Strategi Manajemen Pemasaran Komprehensif untuk Meningkatkan Penjualan: Tinjauan Teoritis. Jurnal Manajemen Riset Inovasi, 1(257–265).
Burhanuddin, & Iqbal, A. 2018. Pengantar Ilmu Kelautan dan Perikanan. Deepublish.
Cahyono, P. 2016. Implementasi strategi pemasaran dengan menggunakan Metode SWOT dalam upaya meningkatkan penjualan produk jasa asuransi kecelakaan dan kematian pada PT. Prudential Cabang Lamongan. JPIM (Jurnal Penelitian Ilmu Manajemen), 1(2), 10.
Daroedono, & Ekarini. 2019. Konsumsi ikan dan potensi anisakiasis: Aspek komunikasi kesehatan masyarakat suatu program pemerintah. Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science), 13(1), 4–13.
Dita, A., & Layla, A. A. 2019. Pengaruh harga dan kelengkapan produk terhadap keputusan pembelian konsumen online shop tokopedia. com di fakultas ekonomi jurusan manajemen Universitas Negeri Medan. Liabilities (Jurnal Pendidikan Akuntansi), 2(2), 125–138.
Dj, & Rusmawati, Y. 2017. Penerapan Strategi Segmentasi Pasar Dan Positioning Produk Dengan Pendekatan Analisis Swot Untuk Peningkatan Penjualan Pada Ud. Surya Gemilang Motor di Surabaya. Jurnal Ekbis, 17(1), 13.
Fentiana, Nina, & Ginting., D. 2020. Strategi Peningkatan Pendapatan Rumah Sakit Berdasarkan Analisis SWOT. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 20(3), 1008–1012.
Hidayat, & Safitra, R. 2017. Analisis Pengaruh Strategi Segmenting, Targeting dan Positioning Terhadap Keputusan Pelanggan Membeli Nu Green Tea. Jurnal Ekonomika Dan Manajemen, 6(1), 28–43.
Julitawaty, Wily, Willy, F., & Goh, T. S. 2020. Pengaruh personal selling dan promosi penjualan terhadap efektifitas penjualan ban sepeda motor pt. Mega anugrah mandiri. Jurnal Bisnis Kolega.
Manggu, Blasius, S. B. 2021. Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (STP) dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan UMKM Kota Bengkayang. Sebatik, 25(1), 27–34.
Miharja, & Kasmanto. 2018. Analisa SWOT dalam menentukan strategi bisnis Susu Murni Q-Milk. Jurnal Ecodemica: Jurnal Ekonomi, Manajemen, Dan Bisnis, 2(1), 30–38.
Ngantung, Marthinus, & Jan, A. H. 2019. Analisis Peramalan Permintaan Obat Antibiotik Pada Apotik Edelweis Tatelu. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 7(4).
Novan, H. 2021. Segmentasi Pasar Dalam Komunikasi Pemasaran Islam. Al-Hikmah: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Pengembangan MasyarakaT, 127–138(19), 2.
Pipit, & Fitriana. 2007. Hewan Laut. Ganeca Exact.
Priangani, A. 2023. Memperkuat manajemen pemasaran dalam konteks persaingan global. Jurnal Kebangsaan, 2(4), 1–9.
Primadona, Yayang, & Rafiqi, Y. 2019. Analisis swot pada strategi persaingan usaha minimarket madina purbaratu kota tasikmalaya. Jurnal Ekonomi Syariah, 4(1).
Sholikhah, & Amirotun. 2016. Statistik deskriptif dalam penelitian kualitatif. Komunika: Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 10(2), 342–362.
Sukamto, & Maslihatul Masfufah. 2023. Analisis Permintaan dan Penawaran Sari Apel UD. Kholifah Kopwan Yasmin Desa Andonosari Pasuruan Dalam Mikro Ekonomi Islam. Jurnal Mu’allim, 5(1), 112–131.
Syahputra, & Rinaldi. 2017. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Jurnal Samudra Ekonomika, 1(2), 183–191.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i2.5400
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|



