Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kualitas Penyusunan Anggaran Sekolah Menengah Pertama: Studi Kualitatif di Medan
Abstract
This research aims to analyze the factors that influence the quality of junior high school (SMP) budget preparation in Medan. Using a qualitative approach, this research involved in-depth interviews with 30 key informants from 10 junior high schools in Medan City. The research results identified 5 (five) main factors that influence the quality of budget preparation: (1) human resource competency, (2) government regulations and policies, (3) stakeholder participation, (4) use of information technology, and (5) culture school organization.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W., & Poth, C. N . 2020. Qualitative inquiry and research design: Choosing among five approaches. Sage publications.
Hartono, S. W. 2023. Implementasi Sistem Informasi Manajemen Keuangan Sekolah: Studi Kasus di SMP Negeri Kota Surabaya. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 8(2), 45-60.
Nugroho, A. 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap Kualitas Penyusunan Anggaran SMP di Provinsi Jawa Tengah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(3), 210-225.
Pratama, R. S. 2021. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Jurnal Akuntansi, Keuangan, dan Manajemen, 2(3), 213-226.
Rahmawati, D. 2021. Desentralisasi Pendidikan dan Implikasinya terhadap Pengelolaan Keuangan Sekolah di Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(1), 1-14.
Rahmawati, M., & Sudjono, S. 2020. Penganggaran Partisipatif dalam Konteks Sekolah: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia, 17(1), 102-117.
Sari, I. 2023. Teacher Participation in School Budgeting: Implications for Accountability and Transparency. Indonesian Journal of Educational Administration and Policy Studies, 11(1), 45-58.
Sari, N. P. 2023. Partisipasi Guru dalam Penyusunan Anggaran Sekolah: Studi Kasus di SMP Kota Bandung. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9(2), 78-92.
Setiawan, I., & Rahayu, D. 2022. Peran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Manajemen Keuangan Sekolah. Jurnal Manajemen Pendidikan, 10(3), 205-220.
Suharno, S. 2020. Pengelolaan Anggaran Sekolah sebagai Instrumen Akuntabilitas dan Transparansi di Era Otonomi Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1), 15-28.
Suhartini, E. dan Yulianto, A. 2019. Dampak Kebijakan Pemerintah terhadap Manajemen Keuangan Sekolah. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, 8(1), 35-50.
Susanto, A., & Maryani, S. 2022a. The Strategic Role of School Budgeting in Educational Management. Journal of Educational Finance and Policy, 17(1), 45-58.
Susanto, H., & Maryani, T. 2022b. Budaya Organisasi dan Pengaruhnya terhadap Efektivitas Manajemen Sekolah Menengah Pertama di Indonesia. Jurnal Administrasi Pendidikan, 29(2), 150-165.
Wibowo, A. 2019. Analisis Efektivitas Penggunaan Anggaran Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMP. Jurnal Ekonomi Pendidikan dan Kewirausahaan, 7(1), 47-62.
Wibowo, E., & Sutrisno, T. 2020. Implementasi Kebijakan Dana BOS dalam Penyusunan Anggaran Sekolah: Studi pada SMP di Kota Malang. Jurnal Administrasi Publik, 8(3), 167-180.
Wibowo, T., et al. 2019. Government Regulation Impact on School Budgeting Practices: Case Study of BOS Funds Management. Indonesian Journal of Educational Administration and Policy Studies, 7(2), 89-102.
Widiyanto, M. A. 2024. Praktik Terbaik Penyusunan Anggaran Sekolah: Studi Komparatif 50 SMP Berprestasi di Indonesia. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 1-18.
Widodo, S. 2019. Penganggaran Sekolah di Era Otonomi Pendidikan: Tantangan dan Peluang. Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(2), 89-104.
Wijaya, Y., & Sutanto, A. 2021. Peran Budaya Organisasi dalam Efektivitas Pengelolaan Anggaran Sekolah. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 9(3), 145-159.
Yulianti, R. 2021. Tantangan Penyusunan Anggaran Sekolah di Daerah Terpencil: Studi Kasus SMP di Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua. Jurnal Administrasi Pendidikan, 28(2), 180-195.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5494
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|