Akuntan Publik: Daya Tarik dan Faktor Pendorong Minat Mahasiswa
Abstract
This research aims to analyze the influence of financial rewards, work environment, job market considerations, and artificial intelligence knowledge on accounting students' interest in choosing a public accounting career. Sampling using a convenience purpose sampling technique obtained 105 respondents. The research results show that the variables of financial rewards and labor market considerations show a significant positive influence. Students' knowledge of artificial intelligence provides significant positive results, meaning that the higher their knowledge of artificial intelligence (AI), the greater their interest in a career as a public accountant. Meanwhile, work environment variables have no effect on students' interest in pursuing a career as a public accountant, this happens because students do not prioritize risks or things gained in the work environment.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, N., & Banjarnahor, H. (2023). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarir Sebagai Akuntan Publik. eCo-Buss, 6(1), 271-286.
Ariyani, M., & Jaeni, J. (2022). Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik. Owner: Riset dan Jurnal Akuntansi, 6(1), 234-246.
Azzah, W. A., & Maryono, M. (2022). Faktor– Faktor Yang Berpengaruh Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik Oleh Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Stikubank Semarang. Jurnal Akuntansi Profesi, 13(1), 182-193.
Chandra, T., & Arpan, A. (2017). Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik oleh Mahasiswa Jurusan Akuntansi (Studi Empiris pada Mahasiswa Akuntansi Pelita I ndonesia). Bilancia: Jurnal Ilmiah Akuntansi, 1(3), 294-305.
Hastuti, D., & Kartika, A. (2017). Faktor- Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Untuk Berkarier Sebagai Akuntan Publik (Studi pada Mahasiswa Universitas Stikubank Semarang). Dinamika Akuntansi Keuangan dan Perbankan, 6(2).
Husna, N. P., Sunandar, N., & Lestari, S. S. S., 2022. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Memilih Karir Menjadi Akuntan Oubli (Studi Empiris Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Nusa Putra). Jurnal Aktiva: Riset Akuntansi dan Keuangan, 4(2), 94–109
Made, I. N. H. A. N., & Ratnadi, D. (2022). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Program Studi Akuntansi Dalam Pemilihan Karir Menjadi Akuntan Publik.
Putri, A. Z., Hardiyanto, A. P., & Pramudiati, N. (2022). Perspektif Mahasiswa Akuntansi Mengenai Faktor Yang Mempengaruhi Minat Dalam Pemilihan Karir Sebagai Akuntan Publik. PRIVE: Jurnal Riset Akuntansi dan Keuangan, 5(1), 34-44.
Rabia, F. M., & Primasari, N. H. (2021). Analisis determinan minat mahasiswa akuntansi berkarier sebagai akuntan publik. Substansi: Sumber Artikel Akuntansi Auditing Dan Keuangan Vokasi, 5(2), 78-94.
Murdiawati, D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi di Surabaya untuk memilih karir menjadi akuntan publik. Jurnal Akuntansi Dan Pajak, 20(2), 248-256
Rahayu, R. A., Novitasari, V., & Maryanti, E. (2023). Faktor-faktor yang mempengaruhi pemilihan karir sebagai akuntan publik. Jurnal Riset Mahasiswa Akuntansi, 11(1), 114- 128.
Safitri, W. D., & Srimindarti, C. (2022). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Akuntansi Terhadap Profesi Akuntan Publik. JIMAT (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Akuntansi) Undiksha, 13(03), 901- 909.
Tyas, N. E. W., Maryono, M., & Ma’sum, M. A. (2022). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa akuntansi untuk berkarier di Kantor Akuntan Publik. Fair Value: Jurnal Ilmiah Akuntansi Dan Keuangan, 5(1), 482-492.
Yurmaini, Anshari, K., 2019, Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Karir Mahasiswa Jurusan Akuntansi sebagai Akuntan Publik (Studi Kasus pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Al Washliyah Medan, Ihtiyath: Jurnal Manajmen Keuangan Syariah, 3(2), 3-22
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5535
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|