Pengaruh Media Sosial, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Somethinc di Sidoarjo
Abstract
This research aims to determine the influence of social media, product quality and price on purchasing decisions for Somethingnc in Sidoarjo. This research uses quantitative methods, sampling using purposive sampling. Respondents numbered 100 participants and used a questionnaire, then the data was analyzed using SPSS. The results of this research reveal that simultaneously and partially there is a significant influence between social media variables, product quality and price on the decision to purchase Somethingnc in Sidoarjo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anggraini, Fifin & Budiarti, Anindhyta. 2020. Pengaruh Harga, Promosi, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dimediasi Kepuasan Pelanggan Pada Konsumen Gojek. Jurnal Pendidikan Ekonomi (JUPE). 8(3). 86-94.
Amalia, K., & Nurlinda, R., 2022. Pengaruh Influencer Marketing dan Online Customer Review Terhadap Purchase Intention Melalui Perceived Value Produk Serum Somethinc. Sibatik Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya, Teknologi, Dan Pendidikan, 1(11), 2383–2398.
Ahdiat, A., 2022, 10 Serum Wajah Paling Laris di E-Commerce, Mayoritas Brand Lokal, diakses melalui website https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/1f0477b8ed006a2/10-serum-wajah-paling-laris-di-e-commerce-mayoritas-brand-lokal
Br Marbun, M., Ali, H., & Dwikoco, F., 2022. Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan dan Keputusan Pembelian Terhadap Pembelian Ulang (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(2), 716–727.
Dwijayanti, Andina & Komalasari, Rita & Harto, Budi & Pramesti, Puji & Alfaridzi, M., 2022. Efektivitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi dan Pemasaran pada UMKM Sablon Anggi Screen di Era Digital. Ikra-Ith Abdimas. 6(2). 68-75.
Dewa, Chriswardana & Safitri, Lina. 2021. Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata dan Budaya. 12(1), 65-71.
Endarwati, Esti Tri., Ekawarti, Yuni., 2021, Efektifitas Penggunaan Sosial Media TikTok sebagai Media Promosi Ditinjau dari Perspektif Buying Behaviors, MANDAR: Management Development and Applied Research Journal, 4(1), 112-120
Edeline, J., Praptiningsih, M., 2022, Pengaruh Electronic Word of Mouth Terhadap Purchase Intetion pada Produk Somethinc Melalui Brand Image sebagai Variabel Intervening di Media Sosial Instagram, Agora, 10(2), 1–7
Erida, M. 2021. Uji Validitas dan Uji Reliabilitas Instrumen Motivasi Pengidap HIV/AIDS. Jurnal Ilmiah Bina Edukasi, 1(1), 10–21.
Fatmawati, Lidya., 2021, Analisis Pengaruh Media Sosial, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Wardah. Skripsi, Universitas Putra Indonesia "YPTK" Padang.
Fauzi, Rizal & Esmike, Metik & Ardiningrum, Ambar., 2023. Pengaruh Brand Ambassador, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc. Efektif: Jurnal Bisnis dan Ekonomi. 14(1), 58-78.
Fauzi, A., Prayogo, A., Luthfiana, H., Pertama, N. A., Setyawati, P., Rahellea, S. L., 2022. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Penjualan dalam Unit yang Diperlukan untuk Mencapai Target Laba pada Perusahaan Dagang: Produk, Harga dan Promosi (Literature Review Akuntansi Manajemen). JEMSI: Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(5). 505-512.
Ghozali, Imam. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit-UNDIP
Hasrin, Awaluddin & Sidik, Sangputri., 2023. Tren Kecantikan dan Identitas Sosial: Analisis Konsumsi Kosmetik dan Objektifikasi Diri di Kalangan Perempuan Kota Palopo. Jurnal Analisa Sosiologi. 12(4), 740-757
Hutagaol, Rusmana & Safrin, Feby. 2022. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian pada Produk Scarlett Whitening. Journal Of Social Research. 1(7). 761-772.
Istiani, N., & Islamy, A. 2020. Fikih Media Sosial di Indonesia (Studi Analisis falsafah hukum Islam dalam Kode Etik NetizMu Muhammadiyah). Asy Syar’iyyah: Jurnal Ilmu Syari’ah dan Perbankan Islam, 5(2), 202-225.
Jayusman, Iyus & Shavab, Oka. 2020. Aktivitas Belajar Mahasiswa dengan Menggunakan Media Pembelajaran Learning Management System (LMS) Berbasis Edmodo dalam Pembelajaran Sejarah. Jurnal Artefak. 7(1), 13.
Kurniawan, F., Komariah, K., Danial, R. D. M., 2022, Analisis Online Consumer Review dan Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Skincare Somethinc, Management Studies and Entrepreneurship Journal, 3(4), 1888-1893
Kamal, M., Kasmawati, Rodi, Husni Thamrin, Iskandar, 2021, Pengaruh Tingkat Inflasi dan Nilai Tukar (Kurs) Rupiah Terhadap Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI), Jurnal Tabarru’: Islamic Banking and Finance, 4(2), 521-531
Kumrotin, Evi & Susanti, Ari. 2021. Pengaruh Kualitas Produk, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen pada Cafe Ko.We.Cok di Solo. J-MIND (Jurnal Manajemen Indonesia). 6(1).
Masturi, H., Hasanawi, A., & Hasanawi, A. 2021. Pengembanagan Model Pembelajaran Sosiolinguistik Berbasis Hybrid Learning Melalui Borg And Gall Model Pada Mahasiswwa. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(10), 1–208.
Najwah, J., Chasanah, A. N., 2022, Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews, Harga, dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Tokopedia, BISECER (Business Economic Entrepreneurship), 5(2), 1-13
Pratiwi, D. N., Andriana, A. N., 2023, Pengaruh Celebrity Endorser, Brand Image dan E-WOM Terhadap Keputusan Pembelian Produk Somethinc Series Serum, Ekonomi, Keuangan, Investasi dan Syariah (EKUITAS), 5(1), 132−140
Rifa’i, B., Mitariani, N. W. E., Imbayani, I. G. A., 2020. Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Kartu Perdana Internet di Gallery Smartfren Denpasar. Value, 4(1), 71–82.
Susanti, Febsri & Gunawan, Ade., 2019. Pengaruh Bauran Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Maybelline di Kota Padang.
Sukmawati, Dyah & Mathori, Muhammad & Marzuki, Achmad., 2022. Pengaruh Promosi, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Skincare Somethinc. Jurnal Riset Akuntansi dan Bisnis Indonesia. 2(2), 579-599
Sari, S.P. 2020. Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi. 8(1), 147-155
Syafriani, D., Darmana, A., Syuhada, F. A., Sari, D. P., 2023, Buku Ajar Statistik: Uji Beda Untuk Penelitian Pendidikan (Cara dan Pengolahannya dengan SPSS), Eureka Media Aksara
Tri Nuryani, F., Nurkesuma Nurkesuma, & Baruna Hadibrata. 2022. Korelasi Keputusan Pembelian: Kualitas Produk, Persepsi Harga dan Promosi (Literature Review Manajemen Pemasaran). Jurnal Ekonomi Manajemen Sistem Informasi, 3(4), 452–462.
Usmadi, 2020, Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas), Inovasi Pendidikan: Jurnal Pendidikan, 7(1), 50-62
Widana, I. W., Muliani, P. L., 2020, Uji Persyaratan Analisis, Klik Media
Yaldi, Effiyaldi & Pasaribu, Johni & Suratno, Eddy & Kadar, Melani & Gunardi, Gunardi & Naibaho, Ronald & Hati, Selfi & Aryati, Vira. 2022. Penerapan Uji Multikolinieritas dalam Penelitian Manajemen Sumber Daya Manusia. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan (JUMANAGE). 1(2). 94-102.
DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v24i3.5566
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
|