Strategi Pengembangan Usaha Menggunakan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix Pada UMKM Mokey

Winnie Sandra, Suherman Suherman, Ismu Kusumanto, Nofirza Nofirza, Harpito Harpito

Abstract


The purpose of this study is to identify the analysis of the internal and external conditions of Mokey MSMEs and to design the best alternative strategy proposals to increase sales and maintain the business being run using the SWOT matrix (Strength, Weakness, Threat, Opportunity) and the QSPM method (Quantitative Strategic Planning Matrix). The results of the study showed that there are 7 (seven) strategies that Mokey MSMEs can use to increase sales and maintain the business.


Keywords


Business, QSPM, UMKM, Strategy, SWOT.

Full Text:

PDF

References


Aliyah, A. H. 2022. Peran usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. WELFARE Jurnal Ilmu Ekonomi, 3(1), 64-72.

As-siisi, A. M., Rahayu, A., & Dirgantari, P. D. 2022. Strategi pengembangan usaha mie ayam cabe hejo menggunakan matriks SWOT dan QSPM. Jurnal Ilmu Manajemen, 19(2), 84-96.

Chaidir, N. R. D. R. I. 2021. Penerapan quantitative strategic planning matrix (QSPM) untuk merumuskan strategi bisnis. Manajerial: Jurnal Manajemen Dan Sistem Informasi, 20(1), 159-170

Hanafi, F. 2023. Analisis perancangan strategi pemasaran menggunakan metode SWOT Dan QSPM Di UMKM Pempek Lenlin. INTECOMS: Journal of Information Technology and Computer Science, 6(1), 533-539.

Haekal, J. 2022. Quantitative strategic planning matrix (QSPM) in determining alternative strategies for the covid-19 epidemic in the food and beverage manufacturing companies in Indonesia. International Journal of Scientific and Applied Research (IJSAR), eISSN: 2583-0279, 2(4), 1-10.

Leksono, B. B., & Putra, R. 2022. Strategi pengembangan usaha produk dangkrik di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto. Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia, 2(1), 235-242..

Mihani, M., & Hutauruk, T. R. 2020. Strategi pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) Dapur Etam Sejahtera Samarinda dalam meningkatkan penjualan. Jurnal Riset Inossa: Media Hasil Riset Pemerintahan, Ekonomi dan Sumber Daya Alam, 2(2), 111-122.

Nurairin, D. A., & Orgianus, Y. 2022. Perbaikan Strategi Pengembangan Perusahaan dengan Metode Quantitative Strategic Planning Matrix (QSPM). Jurnal Riset Teknik Industri, 161-170.

Qanita, A. 2020. Analisis Strategi dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix): Studi Kasus pada D’ gruz Caffe di Kecamatan Bluto Sumenep. Komitmen: Jurnal Ilmiah Manajemen, 1(2), 11-24.

Rahmantari, N. L. L., Utari, N. K. M. T., & Putra, I. P. D. S. S. 2023. Strategi Pengembangan UMKM dengan Metode SWOT dan QSPM (Quantitative Strategic Planning Matrix) pada UMKM Freshy Salad. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(2), 6203-6212.

Widiyarini, W., & Hunusalela, Z. F. 2019. Perencanaan Strategi Pemasaran Menggunakan Analisis SWOT dan QSPM dalam Upaya Peningkatan Penjualan T Primavista Solusi. JABE (Journal of Applied Business and Economic), 5(4), 384-397.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i2.5886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.