The Effectiveness of Using Thematic Dominoes Technique toward Student’s Vocabulary at Second Grader of SMPN 3 Kerinci

Efa Silfia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menemukan adakah pengaruh penggunaan teknik Thematic Dominoes terhadap penguasaan kosa kata siswa kelas dua SMPN 3 Kerinci. Penguasaan kosa kata dengan benar sangat penting dalam pembelajaran bahasa Inggris, karena ini akan membantu siswa untuk mudah menguasai kemampuan membaca, berbicara, mendengar dan menulis. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode experiment yang mana dengan melakukan tes awal, tindakan dan tes akhir. Dalam pemilihan sampel, peneliti menggunakan teknik sampel nonprobability. Peneliti menggunakan koin lalu dilemparkan untuk memilih kelas eksperimen dan kelas control yaitu kelas VIII A sebagai kelas control dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini adalah tes kosa kata, dengan menggunakan tes pilihan ganda. Jumlah soal pada test yaitu 50 soal. Untuk menemukan hasil hipotesis penelitian, peneliti menggunakan rumus t – tes yang mana skornya adalah 2. 19 dan skor t-tabel nya adalah 1.6918. Hipotesis dapat diterima sebagaimana hasil dari t – tes lebih besar dari t – table. Peneliti menyimpulkan bahwa teknik Thematic Dominoes mempengaruhi penguasaan kosa kata siswa pada kelas VIII di SMPN 3 Kerinci. 


Keywords


teknik Thematic Dominoes; kosa kata

Full Text:

PDF

References


Ary, Donald. 1989. Introduction to Research in Education. Canada. Nelson Education, Ltd.

Creswell, W. Jhon. 2012. Educational research: Planning, Conducting, and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Boston. University of Nebraska-Lincoln.

Gay. 1992. Educational Research. Macmilan Publishing Company.

http://id.wikipedia.org/wiki/Kosakata. accessed in (may 05, 2012).

http://duniabaca.com . Teaching Vocabulary (2008). Accssed in (may 08, 2012).

Jones, P. Watcyn. 1993. Vocabulary Games and Activities for Teachers. Penguin Books.

Linse, T. Caroline. 2005. Practical English Language Teaching : Young Learners.America.New York.

Nurhikmah. 2010. Efektivitas Metode Permainan Domino Dalam Peningkatan Hafalan Kosakata Bahasa Jepang (eksperimen terhadap siswa kelas X SMA Laboratorium Percontohan UPI Tahun Ajaran 2009-2010). Bandung.

Sukmadinata, N. Syaodih. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Utaminingsih, Yayuk. 2010. Permainan Dominoes Sebagai Media Pembelajaran Penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Makalah. Jambi : Program Pasca Sarjana Tekonologi Pendidikan Universitas Jambi.

Yantias. 2009. Pengembangan Strategi Domino Dalam Pembelajaran Menulis Cerpen Siswa Kelas X SMA Islam Malang Tahun Ajaran 2008-2009. Skripsi. Malang : Universitas Negri Malang.

Yunita. 2008. Pengembangan Permainan Domino sebagai Media Pembelajaran Kosakata dan Tata Bahasa Jerman di SMA Negeri 7 Malang. skripsi. Malang : Fakultas Sastra Jerman UM.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v19i3.757

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIUBJ: Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi
ISSN: 1411-8939 (print), ISSN: 2549-4236 (online)
Telpon: 0741670700
e-mail: jiubj.unbari@gmail.com | lppm@unbari.ac.id

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.