The Influence of Habituation of Congregational Prayer Programs on The Religious Character of Students of MA Salafiyah Bandungharjo

Khairul Anam, Abdul Rozaq

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembiasaan sholat berjamaah terhadap karakter religius mahasiswa di MA Salafiyah Bandungharjo. Metode penelitian kuantitatif digunakan untuk memanfaatkan kuesioner untuk pengumpulan data. Populasi penelitian ini berjumlah 89 siswa, dan teknik pengambilan sampel jenuh. Alat analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan dari program pembiasaan sholat berjamaah terhadap karakter religius siswa dengan pengaruh sebesar 35,5%, sedangkan 65,5% sisanya dipengaruhi oleh faktor lain.


Keywords


karakter religius; Doa Berjamaah; Siswa Madrasah Aliyah

Full Text:

PDF

References


Abdurachman, A., Hanafiah, N., & Sukandar, A. 2021. Manajemen Program Pembiasaan Shalat Berjamaah dalam Membentuk Karakter Disiplin Siswa. Edukasi: Journal of Educational Research, 1(3), 101–115.

Ahmad Hidayatullah. 2022. Analisis Perkembangan Karakter Santri Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di Pondok Pesantren Yapink Pusat Tambun Selatan Bekasi. Jurnal Qiroah, 12(1), 16–26.

Aminudin, M., Salehuddin, M., & Tahir, M. 2023. The Role of Islamic Education Teachers in Fostering the Habit of Congregational Prayer at SD Bintang Bontang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 7(2), 2772–2775.

Arikunto, S. 2016. Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Ervitasari, A., & Iriani, A. 2022. Evaluation of the Scout Extracurricular Program to Improve the Character of Elementary School Students. Indonesian Values and Character Education Journal, 5(2), 52–60.

Febriyanti, B. K., & Supriyadi. 2023. Fostering Religious Character in Elementary School Students: Insights from Religious Habituation Activities. Indonesian Journal of Islamic Studies, 11(3).

Haris Almuzakki, A., Arfan Mu’ammar, M., & Bakhruddin, M. 2022. Strengthening Religious Character Education through the Healthy Morning Program at Muhammadiyah Vocational High School 2 Gresik. International Journal of Education and Evaluation, 8(4), 40–44.

Kasmawati, K., Herlian, H., Adam, A., Deluma, R., Abubakar, A., & Muliyani, M. 2023. Transformation of Islamic Education: Fostering Exemplary Character through Integrated Curriculum in Islamic Elementary Schools. Journal of Leadership, Management and Policy in Education, 1(2), 33–40.

Khatimah, S., Djudin, T., & Erlina, E. 2023. Memperkuat Karakter Siswa Melalui Program Gerakan Religi Islami (Gerlis). Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 9(2), 453–465

Masaong, A. K., Arifin, & Dewi Purnama Hamid. 2023. The Role of Transformational Leadership on School Achievement. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 263–273.

Muhammad Idkham Khalid, Risnawati, & Nasir Za’ba. 2024. Pengaruh Aktivitas Shalat Berjamaah Terhadap Karakter Relegius Siswa Madrasah Tsanawiyah Pekanbaru. Al-Ihda’: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran, 18(1), 917–925.

Nur Hidayah Hasibuan, Muhammad Iraqi Fauzi, Tri Bayu Armanda, Mira Cahya, Dyna MT Pasaribu, & Ramsul Nababan. 2024. Implementasi Sila Ketuhanan Yang Maha Esa Pancasila dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Budisatrya Medan. Jurnal Sadewa: Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 2(2), 316–322.

Risalatul Meiana, P., & Minsih. 2023. Strengthening the Profile of Pancasila Students through Extracurricular Scouts in Elementary Schools. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 6(2), 255–262.

Sayang, S. 2020. Keteladanan Guru dalam Pelaksanaan Salat Berjamaah untuk Peningkatan Kedisiplinan Siswa di MTS Al-Maarif Panyiwi Kec. Cenrana Kab. Bone. Jurnal Al-Qayyimah, 3(2), 106–124.

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif (Edisi ke-3) (3rd ed.). CV Alfabeta.

Tambak, S., Hamzah, H., Sukenti, D., & Sabdin, M. 2021. Internalization of Islamic Values in Developing Students’ Actual Morals. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 10(4).

Wibowo, G. 2023) Implementation of Al-Islam Kemuhammadiyahan and Arabic Language (ISMUBA) Curriculum and Hizbul Wathon Scouting Movement Program in Character Building of Junior High School Students. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 206–223.

Zulfikar, G., Permady, G. C., & Sudirman, A. 2023. Strengthening National Character in Islamic Elementary School. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 5(1), 884–899.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i2.5800

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.