Pengaruh Citra Merek, Label Halal, Social Media Influencer dan Kualitas Produk terhadap Customer Loyality

Riska Ayu Setyarini, Alfalisyado Alfalisyado, Herni Justiana Astuti, Meydy Fauziridwan

Abstract


The purpose of this study was to analyze the influence of brand image, halal label, social media influencers, and product quality on customer loyalty of Somethinc products in the Banyumas region. The method used was quantitative, with a sample of 100 respondents selected through a purposive sampling technique. Data were collected through a structured questionnaire and analyzed using multiple linear regression. The results showed that simultaneously and partially there was a significant influence between the variables of brand image, product quality, and social media influencers on customer loyalty of Somethinc products in the Banyumas region.


Keywords


brand image, halal label, social media influencers, product quality, customer loyalty.

Full Text:

PDF

References


Aaker, D. 2020. Winning Against a Dominant Brand. Journal of Brand Strategy, 9(2), 103–112.

Amalia, A. C., & Putri, G. S. 2019. Analisa Pengaruh Influencer Social Media Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Generasi Z di Kota Surabaya. Jurnal Sosial : Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 20(2), 51–59.

Aprila, D., Andriani, W., & Ananto, R. P. 2023. Financial Management of Nagari Owned Enterprises (BUMNAG) and Its Impact on Community Welfare. Jurnal Akuntansi Bisnis, 16(2), 210–225.

Artika, I. B. E., & Marini, I. A. K. 2023. Implikasi Ekonomi Dari Pola Konsumsi Pangan Dan Non Pangan Masyarakat Kota Mataram Tahun 2018 - 2022. Ganec Swara, 17(2), 510.

Camelia, M., & Ekawati, C. 2024. Pengaruh Label Halal, Kualitas Pelayanan, dan Lokasi terhadap Loyalitas Pelanggan Muslim dengan Minat beli sebagai Variabel Intervening di Industri Makanan UMKM Kota Ambon Propinsi Maluku Indonesia. GICI Business School.

Darmawan, K. D., & Bagia, I. W. 2022. Service Quality Before and After the Implementation of the PLN Mobile Application at PT PLN (Persero) Customer Service Unit. International Journal of Social Science and Business, 6(1), 60–65.

Fischer, J., & Laffan, L. 2020. Islam, Standards, and Technoscience: In Global Halal Zones. Routledge.

Ghozali, I. 2018. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25, Edisi 9.

Handayani, T., Suseno, Y. D., & Widajanti, E. 2019. Analisis Pengaruh Citra Merek, Label Halal, dan Iklan terhadap Loyalitas Pelanggan Produk Kosmetik Herbal Moreskin di Sragen. Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, 13(1).

Hidayat, D. N., Sari, P. A., Triyana, E., & Gunawan, M. F. 2024. Pengaruh Label Halal, Brand Image dan Persepsi Harga terhadap Loyalitas Pelanggan Mie Gacoan (Studi Kasus Generasi Z di Cirebon). Islamic Economics And Finance Journal, 2(2), 64–74.

Husna, A. H., & Mairita, D. 2024. Gen Z dan Perilaku Konsumsi Konten Influencer pada TikTok. Jurnal Riset Komunikasi, 7(1), 86–100.

Kasmita, M., Mendrofa, S. A., Elwardah, K., Susandi, D. G., & Akbarina, F. 2024. Gaya Hidup Sehat Sebagai Moderasi Pengaruh Label halal, Food Quality dan Keamanan terhadap Loyalitas Pelanggan. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5(2), 4240–4246.

Kotler, P., & Keller, K. L. 2016. Marketing Management, 15th ed. Pearson Education.

Luqiana, A. N. 2021. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan pada Pembelian Susu Ultra. UPN Veteran Jawa Timur.

Marsella, E., & Halimatussakdiah, H. 2024. Pengaruh Pengalaman Merek dan Persepsi Nilai terhadap Loyalitas Merek yang Dimediasi oleh Kepercayaan Merek pada Skincare Somethinc. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen, 9(1), 245–258.

Nafi, S. 2024. Pengaruh Store Atmosphere dan Sertifikat Halal terhadap Customer Loyalty dengan Kepuasan Pelanggan sebagai Variabel Intervening (Studi pada Pelanggan Mie Gacoan di Provinsi Jawa Timur). IAIN Salatiga.

Rahman, S. A., Ab Halim, M. A., Salleh, M. M. M., Ahmad, A. A., & Nusran, M. 2019. Economic Growth of Halal Industry: Enhancing Governance and Halal Legal Framework in the ASEAN (Goal 12). In Good Governance and the Sustainable Development Goals in Southeast Asia (pp. 140–154). Routledge.

Samsuri, S. 2023. Pengaruh Label Halal, Citra Merek dan Kualitas Produk terhadap Loyalitas Pelanggan Mie-Sedap pada Konsumen Toko Basmalah Cabang Muncar. RIBHUNA: Jurnal Keuangan Dan Perbankan Syariah, 2(1), 21–32.

Saprianti, R., & Nursanjaya, N. 2021. Pengaruh Label Halal, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Merek Wardah di Kota Lhokseumawe. Negotium: Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 4(2), 168.

Saputra, D. A., & Padmantyo, S. 2023. Pengaruh Citra Merek dan Kepercayaan Merek terhadap Loyalitas Pelanggan yang Dimediasi oleh Kepuasan Pelanggan. Jurnal Lentera Bisnis, 12(2), 395–412.

Sugiyono. 2024. Metode Penelitian Kuantitati, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahza, A. 2021. Metodologi Penelitian, Pekanbaru: Unri Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.33087/jiubj.v25i2.6012

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

ADRESS JOURNAL

JURNAL ILMIAH UNIVERSITAS BATANGHARI JAMBI (JIUBJ)
Published by Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat
Adress: Jl.Slamet Ryadi, Broni-Jambi, Kec.Telanaipura, Kodepos: 36122, email: jiubj.unbari@gmail.com, Phone: 0741-670700

Creative Commons License This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.